Header Ads



BMKG Mencatat Ada 9 Gempa Susulan di Deli Serdang

LINTAS PUBLIK - SIANTAR, Hasil monitoring sementara Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hingga pukul 21.00 WIB ada 9 kali gempa susulan yang terjadi di wilayah Deli Serdang, Sumatera Utara. Meski demikian kekuatan gempa terpantau terus mengecil.

"Sudah terjadi 9 kali gempa bumi susulan dengan kekuatan yang terus mengecil. Diduga merupakan jenis gempa dangkal yang diakibatkan aktivitas sesar atau patahan lokal dan bukan disebabkan oleh aktivitas Sesar Besar Sumatera (Sumatera Fault Zone)," kata Daryono dalam pesan singkat, Senin (16/1/2017).

ilustrasi
Daryono menyebut, analisis sementara sumber gempa dipicu oleh mekanisme sesar mendatar pada lempengan tektonik di sebelah tenggara Berastagi dekat lokasi pusat gempa.

"Peta tektonik setempat menunjukkan bahwa di sebelah tenggara Berastagi dekat lokasi pusat gempa memang terdapat beberapa struktur sesar lokal. Sehingga wajar jika di wilayah ini sering terjadi aktivitas gempa bumi," tambahnya.

Untuk itu BMKG mengimbau kepada masyarakat Sumatera Utara agar tetap tenang. Karena berdasarkan data aktivitas gempa bumi susulan ini menunjukkan tidak akan terjadi gempa bumi dengan kekuatan yang lebih besar.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 5,6 SR mengguncang wilayah Deli Serdang, sumber gempa berada di kedalaman 10 km. Episentrum gempa sendiri terjadi di 3,33 Lintang Utara dan 98,46 Bujur Timur. Gempa tersebut berlokasi di 28 km sebelah Barat Daya Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.


Editor    : tagor
Sumber  : detik

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.