Header Ads



Orang Batak Harus Tahu, Dimana Oppung Mula Jadi Nabolon Tinggal

LINTAS PUBLIK, Dalam pagelaran Pentas Seni, Budaya dan Religi di SD Swasta Budi Mulia 2 Pematangsiantar, yang di gelar Sabtu (25/4/2015) di Lapangan SD Budi Mulia 2 jalan Farel Pasaribu no.34 Siantar, menampilkan semua kesenian budaya yang ada di Sumatera Utara, baik tarian Batak Toba, Simalungun, Karo, Minang, Thionghoa bahkan India.

Victorianus Rismario, SS, MPd kepala sekola SD Budi Mulia 2 Pematangsiantar dalam sambutannya mengatakan, kita harus tahu apa dan siapa kita sebenarnya, dan kita harus bangga dan tahu pula siapa itu mulajadi nabolon. Dan Mula Jadi Nabolon tinggal, dilapis yang 1 sampai 4 tempat tinggal penculik dan perampok, ke
5 -6 tempat tinggal manusia yang memiliki akal dan berbudi,  dan lapis ke 7 opung Debata Raja, kata Victorius memberi ilustrasi keberadaan Tuhan dan tempat tinggal manusia saat ini.
Sebagai bangsa batak, kita juga mengenal Debata Raja (Tuhan semesta alam), dan kita juga harus bangga ternyata asal usul batak itu sangat jelas adanya, bahwa asal usul bangsa batak ada di Pusuk Buhit, disanalah (Pusuk Buhit) sebagai tolak ukur kebesaran bangsa batak.

“Bangsa batak yang kental akan budaya dan kerifan local harus kita pertahankan, anak-anak harus kita ajarkan budaya yang besar ini,”kata Victorianus dihadapan ribuan orang tua siswa-siswi SD Budi Mulia 2 yang memadati acara pentas seni SD Budi Mulia 2. LIHAT VIDEO Lestarikan Budaya, SD Budi Mulia 2 Siantar Gelar Pentas Seni


Ditempat yang sama Ignatius Jokopitoyo ketua panitia mengatakan, Pentas seni ini dilaksanakan dalam rangka menunjukan bakat dan kreatifitas sisiwa di SD Budi Mulia 2, adapun pentas seni yang dipertunjukan yaitu tarian budaya, dan religi batak.

“Pentas Seni ini dalam rangka menumbuh kembangkan bakat dan minat siswa-siswi dalam mengembangkan talentanya (bakatnya), demikian juga agar siswa-siswi diajarkan cinta kasih dan kebersamaan. Bagaimana orang Toba merasakan adat Simalungun, dan Simalungun merasakan budaya Karo dan demikian sebaliknya, budaya itu dapat dirasakan melalui pakaian yang dikenakan kepada siswa –siswi, ”kata Ignasius  dalam sambutannya.



Pantauan Lintas publik Online, puluhan tarian di tampilkan oleh siswa siswi Budi Mulia 2 Pematangsiantar, mulai dari tarian tortor Toba, Simalungun, Karo. Ada juga tarian India, China., tari payung, Dindin Tak din din, Dalam pentas seni itu juga anak-anak diajarkan kearifan local dalam tariannya yaitu bergotong royong atau tarian  “Menanam Jagung”.

Ada  menarik perhatian pengunjung dalam pentas seni itu, pada saat Paduan Suara digekar yang mengkolaborasi antara music Angklung, music Gondang, Pianika, yang dimainkan ratusan siswa-siswa cikal bakal pemimpin bangsa itu.

“Hebat-hebat siswa-siswi SD Budi Mulia 2 ini ya,”kata salah satu orang tua siswa sambil memotret  anaknya yang sedang manortor. LP1/t







Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.