Header Ads



Brigjen Pol Ricky Herbert Parulian Sitohang Kapolda NTT Di Ganti

LINTAS PUBLIK-JAKARTA, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Selasa (2/4), mengumumkan pergantian Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) dan Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Mabes Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa, menyatakan, pergantian Kapolda itu dilakukan di dua wilayah yakni Sumatera Selatan dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Sebagaimana kita ketahui, Irjen Pol Iskandar Hasan yang telah maju dalam kegiatan Pilkada Provinsi Sumatera Selatan perlu dilakukan pergantian. Proses perencanaan pergantian sudah dilakukan minggu lalu, dan tadi malam sudah dikeluarkan berdasarkan surat telegram rahasia (TR). Posisinya akan digantikan oleh Irjen Pol Saud Usman Nasution," katanya.

Lebih lanjut, mantan Kadiv Humas Polda Metro Jaya itu menuturkan, Kapolda NTT yang sebelumnya dijabat oleh Brigjen Pol Ricky Herbert Parulian Sitohang akan digantikan oleh Brigjen Pol Ketut Untung Yoga Ana yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda di Bali. Brigjen Pol Ricky Herbert Parulian Sitohang menjabat jabatan baru Kepala Biro Bantuan Hukum Divisi Hukum Polri yang sebelumnnya diduduki Brigadir Jenderal (Pol) Frans Katha Palayukan, Frans dimutasi menjadi Pati Yanma dalam rangka pensiun.

Rencananya serah terima dua Kapolda baru itu akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan, dan pelaksanaannya akan dilakukan bersamaan dengan upacara serah terima Kapolda Sulawesi Tengah, Maluku Utara, dan Sumatera Barat.

"Jadi Kapolda Sumatera Selatan, NTT, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara akan disamakan waktu pelaksanaan serah terima jabatannya, rencananya dalam beberapa hari ke depan," katanya.

Sebelumnya, jabatan Kapolda Sumbar yang ditinggalkan Brigjen Pol Wahyu Indra Pramugari ditempati oleh Brigjen Noer Ali.   Sementara itu, jabatan Kapolda Maluku Utara yang sebelumnya dijabat Brigjen Affan Richwanto kini digantikan oleh Brigjen Machfud Arifin. Sedangkan Brigjen Dono Sukmanto kini menduduki posisi Kapolda Sulawesi Tengah menggantikan Brigjen Dewa Made Parsana.sp/t

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.