Header Ads



Sinaksak Juara Tortor Simalungun di Kecamatan Tapian Dolok, Ini Lurahnya

Simalungun, Kelurahan Sinaksak menjadi Juara I (Pertama) pada festival lomba tari (tortor) Simalungun se-kecamatan Tapian Dolok yang diselenggarakan  Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Simalungun.

Festival ini dalam rangka melestarikan budaya Simalungun di bumi Habonaron do Bona, adapun yang juara tingkat Kecamatan Tapian Dolok adalah: Kelurahan Sinaksak  (Juara 1), Disusul Nagori Dolok Ulu, Nagori Dolok Maraja, Nagori Bayu Muslimin dan Nagori Dolok Simbolon (Harapan III), yang diselenggarakan pada, Jumat (19/04/2024).
Kelurahan Sinaksak Juara Tortor Simalungun di Kecamatan Tapian Dolok

Camat Tapian Dolok, Juraini Purba dalam sambutan berharap Festival Tari  Simalungun dapat melestarikan budaya Simalungun serta menanamkan kecintaan para remaja terhadap budaya Simalungun.

"Terimakasih atas kerja keras TP PKK Nagori dan kelurahan sehingga mampu membawa tim Tari mengikuti kegiatan ini," katanya.

Selain Tari (Tor Tor), perlombaan senam sehat lansia juga digelar dengan perolehan juara 1 Nagori Dolok Simbolon, Nagori
Dolok Ulu, Nagori Pamatang Dolok Kahean, Nagori Batu Silangit dan Kelurahan Sinaksak.

Sementara Penggiat Budaya Simalungun Sutan Saragih mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Ketua TP PKK Ratnawati Radiapoh Sinaga, yang digelar setiap tahun, bagian dari upaya melestarikan dan menanamkan kecintaan remaja kepada budaya Simalungun. 

Dalam 1-2 minggu terakhir menjelang lomba,  hampir di setiap aula kelurahan dalam 32 kecamatan terlihat sibuk latihan menari, mempelajari gerak dasar dan memperkaya dengan kreasi simalungun, membahas bagaimana memenuhi kostum yang sesuai dan aktivitas yang mendukung lainnya.

"Tradisi Simalungun bisa kembali dikenal oleh remaja desa kota melalui pengkondisian, lomba atau festival adalah salah satu cara, metode dan media" ujarnya. 

Ia mengingatkan untuk menambah kepercayaan peserta lomba tari yang kembali akan bertanding, Dewan Juri Lomba Tari dari pihak panitia sebaiknya terseleksi dan telah memenuhi kriteria juri lomba, minimal ia sudah lebih dari 5 tahun menari dan menggeluti bidang tari Simalungun itu sendiri. 

Jika juri tidak memiliki track record dalam dunia tari, peserta lomba akan menimbang ulang, pernah ada penyanyi (ahli inggou) menjadi juri lomba tari, atau ahli fashion juga menjadi juri lomba tari. Ini tentu tidak pada tempatnya,  harus diindahkan agar membangun kepercayaan peserta.

"Sekali lagi, salute buat lomba tari simalungun tingkat kabupaten yang diselenggarakan, bukan semata kompetisi, menumbuhkan sikap dan etika serta kerja sama bagian dari semangat lomba," katanya.

Sementara Armada Purba, SH selaku Pembina TP PKK Kelurahan Sinaksak bersama anak-anak remaja berhasil meraih Juara 1 se-kecamatan Tapian Dolok dalam lomba bertahap, selanjutnya akan bertanding dengan pemenang lain dalam satu Dapil, berjenjang hingga kabupaten.

Perlombaan ini akan terus berlanjut ke tingkat Dapil dilaksanakan pada 22 April s/d 3 Mei 2024, dan final di tingkat kabupaten Simalungun pada Mei 2024.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.