Header Ads



Musrenbang Menuju 20 Mendatang, Ini Kata Wali Kota Pematangsiantar

Siantar, Gong pun dipukul Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA tanda dibukanya Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Pematangsiantar Tahun 2025-2045, di Gedung Serbaguna Kota Pematangsiantar, Kamis (25/04/2024).

Turut hadir saat pembukaan itu Kapolres Pematangsiantar AKBP Yogen Heroes Baruno SH SIK, mewakili Ketua DPRD Kota Pematangsiantar Netty Sianturi, perwakilan Bappelitbang Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Ika Hardina Lubis SE MA MSE, dan perwakilan Forkopimda Kota Pematangsiantar.

Dalam sambutannya Wali Kota dr Susanti  mangatakan,  Musrenbang RPJPD merupakan tonggak bersejarah dalam perjalanan pembangunan kota dan juga langkah penting dalam membangun arah pembangunan Kota Pematangsiantar 20 tahun ke depan. 

“Pematangsiantar Indah, Maju, dan Berkelanjutan. Nantinya akan diimplementasikan lewat delapan misi, yaitu Mewujudkan kota layak huni melalui transformasi infrastruktur; Mewujudkan transformasi sosial untuk menciptakan sumber daya manusia yang berdaya saing, unggul dan berkarakter," ungkap dr Susanti, bahwa Musrembang juga  Mewujudkan transformasi ekonomi yang inklusif;  Mewujudkan transformasi tata kelola pemerintahan baik dan dinamis; Mewujudkan lingkungan hidup yang berkelanjutan; Mewujudkan masyarakat demokratis dan penciptaan lingkungan yang aman; Mewujudkan pelestarian budaya; dan Mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

dr Susanti berharap melalui, melalui  musrenbang secara bersama-sama memberikan sumbangan pemikiran dan berpartisipasi aktif, berkontribusi dalam bentuk masukan dan saran untuk menyempurnakan rancangan RPJPD Kota Pematangsiantar tahun 2025-2045. 

"Sehingga dapat bermanfaat dan menghasilkan rencana pembangunan yang komprehensif, berkelanjutan, dan berorientasi pada kepentingan serta kesejahteraan masyarakat Kota Pematangsiantar sebagaimana yang dicita-citakan oleh Raja Sang Naualuh Damanik dalam membangun Kota Pematangsiantar yang kita cintai ini 153 tahun yang silam," terangnya.

 Netty Sianturi  mewakili ketua DPRD Pematangsiantar mennyampaikan apresiasi terlaksananya Musrenbang RPJPD.

"Mohon juga kepada pemerintah kota agar masyarakat yang ada di kelurahan/sesa tetap diperhatikan dengan harapan kedepannya pembangunan ini akan dapat bermanfaat untuk seluruh masyarakat kota Pematangsiantar," ujarnya

Hadir memberikan sambutan, Kepala Badan Perencanaan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Pematangsiantar Dedi Idris Harahap STP MSi, bahwa musrembang disusun dengan berpedoman pada RPJP Nasional dan RPJPD Provinsi Sumut, dimana Pemerintah Indonesia ingin mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045.

Hadir dalam musrembang itu pimpinan kepala daerah di Wilayah Dataran Tinggi Sumut, dari kabupaten Simalungun, Kabupaten Batu Bara, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Toba, Kabupaten Samosir, Kota Tebing Tinggi, serta para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD di lingkungan Pemko Pematangsiantar, pimpinan BUMN, BUMD dan instansi vertikal, serta para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan lainnya. (red/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.