Header Ads



Wakil Bupati Humbahas Dr. Oloan Paniaran Nababan Buka Musrenbang RKPD Tahun 2025

Humbahas,  Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Dr. Oloan Paniaran Nababan, SH, MH, membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2025, di Aula Hutamas Perkantoran Tano Tubu, Jumat (1/3/2024).

Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Dr. Oloan Paniaran Nababan, SH, MH, membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2025, di Aula Hutamas Perkantoran Tano Tubu, Jumat (1/3/2024).
Musrenbang ini juga dihadiri Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Kadis Lingkungan Hidup Provsu, Ir. Yuliani Siregar, M.AP.

Dalam sambutan Gubernur Sumatera Utara yang dibacakan Kadis Lingkungan Hidup Provsu, Ir. Yuliani Siregar, M.AP menyampaikan, bahwa konteks pembangunan makro di Kabupaten Humbang Hasundutan berdasarkan data BPS menunjukkan capaian yang baik.

Laju pertumbuhan ekonomi tumbuh menjadi 4, 21 %, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat dari 70,32% tahun 2022 menjadi 70,75 pada tahun 2023. Angka kemiskinan tahun 2023 mengalami penurunan menjadi 8,65% jika dibanding Tahun 2022 pada angka 8,86%.

Diharapkan seluruh stakeholder memerankan target-target yang tertuang dalam dokumen seperti dalam RPJMD Kabupaten Humbang Hasundutan dan RPJM Provinsi. Selanjutnya memperhatikan evaluasi pembangunan tahun sebelumnya.

Mempertimbangkan program-program strategis Kabupaten, Provinsi dan Nasional serta memperhatikan kondisi rill daerah permasalahan dan isu-isu strategis setempat.

Sementara itu, Wakil Bupati Humbang  Hasundutan, Dr. Oloan Paniaran Nababan, SH, MH dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Musrenbang ini merupakan mekanisme kerja pemerintah dalam rangka mengakomodir kepentingan masyarakat sekaligus wadah partisipasi untuk menghasilkan rencana program dan kegiatan yang lebih aspiratif dari masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan bersama DPRD tetap konsisten melaksanakan pelayanan dan pembangunan disemua sektor dalam rangka mewujudkan Kabupaten Humbang Hasundutan yang Maju dan Bermentalitas Unggul.

Pembangunan di Kabupaten Humbang Hasundutan mengalami peningkatan, hal ini boleh kita lihat dari indikator makro antara lain, angka kemiskinan , Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Pertumbuhan ekonomi. Target pertumbuhan ekonomi pada RPJMD tahun 2025 sebesar 5,25.

Disampaikan bahwa prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2025 yaitu; peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, pengoptimalan daya saing ekonomi daerah melalui pertanian dan ekonomi kreatif, pengoptimalan infrastruktur pengembangan wilayah dann tata ruang, pengoptimalan Tata Kelola Pemerintahan yang inovatif, pengoptimalan penanggulangan kemiskinan dan pengurangan tingkat pengangguran serta pengoptimalan sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Sesuai dengan arah strategi dan arah kebijakan yang saya sampaikan sebelumnya, kondisi yang kita harapkan tercapai pada Tahun 2025 antara lain; Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada poin 71,74; angka kemiskinan 7,2%; laju pertumbuhan ekonomi diangka 5,25%, PDRB perkapita sebesar Rp. 37.064.000,- TPT diangka 0,37% dan Indeks GINI pada poin 0,211.

Sementara itu dalam laporannya Kepala Bappelitbangda Pahala Lumbangaol menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan musrenbang ini adalah untuk memperoleh saran dan masukan dari pemangku kepentingan dan menjaring/ menghimpun aspirasi serta harapan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan Tahun 2025.

Adapun narasumber pada kegiatan ini yaitu Kabid Riset dan Inovasi  Bappelitbangda Provinsi Sumatera Utara  Tapi Sari Rumonda Bulan Siregar, SS., SE. AK, Kepala Bidang Kawasan Pemukiman  Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara  Saifan, S.T., M.Si, Kasi Bina Marga UPTD PUPR Dolok Sanggul Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Sumatera Utara Heriadi Kudadiri, ST., M.Si, Kepala UPTD – IB Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara  Muhammad Nasir, S.Pt., M.Si dan Kepala BPS Humbahas Ir. Rudy H. Harianja.

Turut hadir pada Musrenbang ini, Forkopimda Kajari Humbang Hasundutan diwakili Kasi Intel Gerry Anderson Gultom SH, Dandim 0210/TU diwakili Pabung Mayor Ojak Simarmata, Pimpinan OPD, instansi vertikal dan lembaga lainnya yang ada dilingkungan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan. (red/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.