Header Ads



HKG PKK Ke-52, TP PKK Simalungun Gertam Cabai Serentak Nasional

Simalugun, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Simalungun, ikut berpartisipasi dalam Gerakan Tanaman (Gertam) Cabai PKK serentak nasional, Senin (4/3/2024).

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Simalungun, ikut berpartisipasi dalam Gerakan Tanaman (Gertam) Cabai PKK serentak nasional, Senin (4/3/2024).
Kegiatan ini dilakukan dalam rangka  memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 Tahun 2024. Pemerintah Kabupaten Simalungun mendukung gerakan ini dengan memfasilitasi ratusan bibit tanaman cabai.

Secara nasional, gerakan tanam cabai serentak nasional dipusatkan di Alun-alun Cirimekar, Cibinong Provinsi Jawa Barat, secara langsung dicanangkan oleh Ibu Iriana Joko Widodo bersama Ibu Wury Hestu Handayani Ma’ruf Amin.

Dalam melakukan pencanangan tersebut Ibu Negara didampingi sejumlah istri anggota Kabinet Indonesia Maju. Pencanangan Gertam Cabai ini juga diikuti oleh TP PKK daerah se-Indonesia melalui aplikasi zoom meeting, termasuk TP PKK Simalungun.

Di Kabupaten Simalungun, Gertam Cabai dipusatkan di Nagori Bandar Malela, Kecamatan Gunung Maligas, dan dihadiri  Bupati Simalungun diwakili Kadis Pertanian, Sakban Saragih bersama Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan Debora DPI Hutasaoit sekaligus mewakili Ketua TP PKK Simalungun, serta sejumlah pimpinan perangkat daerah.

“Harapan kami dengan adanya gerakan tanam cabai secara serentak, bisa menekan harga cabai,”kata Debora saat mengikuti Gertam Cabai tersebut.

Menurut Debora, kalau setiap rumah minimal ada lima atau tiga pohon cabai, ini diharapkan dapat memenuhi konsumsi untuk rumah tangga secara mandiri.

“Jadi kita harapkan tanaman cabai akan ditanam di setiap pelataran rumah warga. Dan kegiatan ini juga disiapkan untuk maju dalam lomba Aku Hatinya PKK tingkat Kabupaten. Harapannya, tanaman cabai bisa dirawat oleh warga sampai panen,”ucap Debora.

Selanjutnya, Debora menyampaikan, bahwa harga cabai di pasaran terkadang bisa tinggi dan mahal. Sedangkan kebutuhan cabai untuk konsumsi rumah tangga sangat dibutuhkan.

Oleh sebab itu, dengan adanya Gertam Cabai yang ditanam di sekitar pekarangan rumah, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan konsumsi cabai di rumah tangga masing-masing.

Guna mendukung kegiatan Gertam Cabai PKK serentak di Kabupaten Simalungun, melalui Dinas Pertanian dan Dinas Ketahan Pangan, Perikanan dan Peternakan, Pemkab Simalungun menyiapkan bibit tanaman cabai dan media tanam.

Ke depannya, selain tanaman cabai, di Nagori Bandar Malela juga akan dikembangkan perikanan dan peternakan untuk mendukung misi dan visi Bupati Simalungun dan Wakil Bupati, ‘Rakyat Harus Sejahtera’. (tag/r)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.