Header Ads



Rumah Adat Batak di Samosir Terbakar saat Ditinggal Pemilik, Ini Penyebabnya

Samosir,  Satu unit rumah bolon atau rumah khas Batak terbakar di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut). Kebakaran itu diduga dipicu karena korsleting listrik.

Rumah bolon yang terbakar di Desa Sianjur Mula-mula. (Foto: Dok. Polres Samosir).
Kasi Humas Polres Samosir Brigadir Vandu Marpaung mengatakan kebakaran itu terjadi kemarin siang tepatnya di Desa Sianjur, Kecamatan Sianjur Mula-mula. Rumah itu merupakan milik Jaroles Sagala (52).

“Jenis rumah yg terbakar, yakni rumah bolon ukuran 6×2 dengan dinding papan, lantai papan, atap seng dan dapur separuh beton. Adapun penyebab kebakaran rumah akibat arus pendek listrik,” kata Vandu, Selasa (23/1/2024).

Vandu menyebut tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Saat kejadian, pemilik rumah sedang pergi ke acara pesta yang tidak jauh dari lokasi kebakaran.

Lalu, sekitar pukul 14.00 WIB, warga melihat ada api yang keluar dari rumah korban. Sontak warga berteriak dan memanggil korban dan keluarganya ke acara pesta.

Korban pun bergegas pulang menuju rumahnya dan berupaya menyelamatkan sejumlah barang dari rumahnya. Tak lama pemadam kebakaran datang dan sekitar pukul 15.00 WIB api berhasil dipadamkan.

“Akibat dari peristiwa kebakaran tersebut, separuh rumah telah habis terbakar. Korban jiwa nihil, tapi nilai kerugian kurang lebih Rp 350 juta,” pungkasnya. (detik/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.