Header Ads



Wali Kota Siantar Berangkatkan Kemah Kaldera Toba III Tahun 2023, Promosikan Kearifan Lokal

Siantar, Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA menerima Lencana Panca Warsa III. Penyematan lencana dilakukan oleh Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting SH.

Penerimaan lencana dilakukan dalam acara  Pelepasan Kontingen Gerakan Pramuka Cabang Pematang Siantar menuju Kemah Kaldera Toba III Kwarda Sumatera Utara (Sumut), di Balai Kota Pematang Siantar, Selasa (31/10/2023) pagi.

Lencana Panca Warsa III tersebut seharusnya diterima dr Susanti pada Hari Pramuka 14 Agustus 2023 dari Gubernur Sumut. Namun karena ada kesibukan lain, maka baru ini diserahkan oleh Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Pematang Siantar Erizal Ginting.

Dalam sambutannya, dr Susanti  menyampaikan para peserta Kontingen Gerakan Pramuka Cabang Pematang Siantar menuju Kemah Kaldera Toba III Kwarda Sumut menjadi Duta Kota Pematang SianÈ›ar.

Atas nama Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar, dr Susanti mengucapkan  selamat kepada Kontingen Gerakan Pramuka Cabang Pematang Siantar yang mengikuti kegiatan tersebut.

Pada kesempatan ini, dr Susanti menyinggung soal Danau Toba yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumut. Di tengah perhatian khusus dari pemerintah terhadap Danau Toba, dr Susanti menilai hal itu menjadi kesempatan bagi Kota Pematang Siantar, apalagi kota berhawa sejuk ini, menjadi salah satu daerah penyanggah Danau Toba. 

"Ini kesempatan kita untuk memperkenalkan atau mempromosikan budaya dan kearifan lokal kepada dunia. Dan ini menjadi tanggung jawab kita untuk mempromosikan dan memperkenalkan kepada dunia," tutur dr Susanti.  

dr Susanti juga mengaku sangat menyayangkan adanya warning dari UNESCO terhadap Geopark Kaldera Toba. Menurut  dr Susanti, hal itu disebabkan kurangnya aksi untuk mempromosikan wilayah Geopark Kaldera Toba. 

"Dan itu menjadi kekhawatiran kita semua, dan menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mempertahankannya," sebutnya. 

Kepada kontingen, dr Susanti meminta untuk memperkenalkan budaya yang ada di Kota Pematang Siantar dengan keheterogenan masyarakatnya. 

"Bagaimana para peserta kontingen menjadi duta-duta dari Kota Pematang Siantar," tukasnya.

Sebelumnya, Pimpinan Kontingen Putri Cendratriana Irawan dalam laporannya menyampaikan, Kontingen Cabang Gerakan Pramuka Kota Pematang Siantar menuju Kaldera Toba III Tahun 2023, terdiri dari dua orang pimpinan kontingen dan dua orang pembina pendamping, 3 orang staf kontingen, dan peserta 32 orang.

Kemah Kaldera Toba III Tahun 2023 ini, dilaksanakan 1-4 November 2023, yakni empat hari di Geosite Sipinsur, Desa Pearung, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Hadir pada kegiatan ini, Plt Kepala Dinas Pendidikan Rudolf Barmen Manurung, Camat se-Kota Pematang Siantar, serta para pengurus Gerakan Pramuka Cabang Kota Pematang Siantar. (rel/tag/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.