Header Ads



Pemkab Simalungun Gelar Budaya Drama Tari Musikal "Turahan"

Simalungun, Guna melestarikan seni dan budaya masyarakat Simalungun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbuparekraf) menggelar budaya drama tari musikal berjudul "Turahan".

Pagelaran budaya Simalungun itu, berlangsung di Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas Kota Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Sumut, Sabtu malam (11/11/2023).

Bupati Simalungun dalam sambutan Tertulis yang di bacakan wakil Bupati Simalungun menyampaikan apresiasi kepada Disbudparekraf yang menggelar acara budaya di RTP Pantai Bebas Parapat.

Disampaikan, Kebudayaan merupakan bagian dari indentitas sebuah bangsa, yang terbentuk dari jiwa dan pikiran para leluhur terdahulu yang perlu dijaga dan di majukan sebagai warisan budaya dengan nilai yang sangat tinggi.

Mari kita tingkatkan kolaborasi Antara Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif,melalui event-event, seperi event yang akan diselenggarakan pada 2023 yaitu Internasional Aquabike dan Asia Pasific Rally pada tanggal 24 S/D 26 November 2023.

Dalam sambutan tertulisnya itu, Bupati menghimbau kepada masyarakat agar lebih meningkatkan kebersihan Danau Toba dan pelayanan kepada wisatawan agar wisatawan merasa nyaman saat berada di kota Parapat.

Kepada Instansi terkait, diharapkan agar lebih di perbanyak pembinaan anak-anak muda yang bergerak di kesenian melalui sanggar-sanggar budaya

Sebelumnya, Kadis Budpar Prov. Sumut Zumri Sulthony dalam sambutannya menyampaikan, wisatawan mancanegara juga sudah melirik wisata budaya daerah.

"Ini menjadi kelebihan Kabupaten Simalungun, dan kegiatan ini juga akan di usulkan masuk dalam kalender event Sumatera Utara,"ujar Zumri sembari menyampaikan apresiasi kepada daerah-daerah yang menggelar budaya-budaya daerah.

Acara yang melibatkan anak muda ini,  menurut Zumri, akan memajukan kebudayaan daerah Prov. Sumut. "Provinsi sangat mendukung kegiatan ini,"ucapnya.

Tampak hadiri, Anggota DPRD Maraden Sinaga, Dandim 0207/Sml diwakili Kapten Richard Pasaribu (Danramil 11/GBS), Kapolres diwakili AKP Joni Silalahi, Sekda Esron Sinaga bersama pejabat tinggi pratama, adminiatrator dan pengawas di lingkungan Pemkab Simalungun.

Selain itu tampak juga hadir antara lain Konjen Jepang Takonai Susumu, Camat Girsang Sipangan Bolon, Ka. BNN diwakili Ranto Ardian Fransiskus, Ketua DWP Nyonya Bernadetha Esron Sinaga dan masyarakat. (tag/rel/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.