Header Ads



DPP HPSI Dukung Komitmen Walikota Siantar Lestarikan Budaya Simalungun

Siantar, Pengurus DPP Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI) memuji Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA atas kepeduliannya kepada suku Simalungun. HPSI melihat di bawah kepemimpinan dr Susanti yang belum sampai dua tahun, telah menempatkan orang-orang Simalungun di sejumlah posisi strategis di Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar dan selalu menampilkan budaya Simalungun di setiap kegiatan-kegiatan skala lokal maupun nasional. 

Hal ini disampaikan saat dr Susanti menerima audiensi pengurus DPP HPSI, di kantor wali kota, Jumat (03/11/2023). 

Drs Gideon Purba MSi selaku Ketua Harian DPP HPSI menyampaikan kehadiran HPSI sebagai bentuk dukungan dalam menyelesaikan Peraturan Daerah (Perda) tentang Lambang Daerah.

Ia meminta Pemko Pematang Sianțar tetap serius dalam memperbaiki Ranperda tersebut, sehingga menjadi prioritas rapat paripurna di tahun anggaran 2024 di DPRD Kota Pematang Siantar.

Gideon mengaku, terkait Perda Lambang Daerah, HPSI beberapa waktu lalu telah beraudiensi dengan Ketua DPRD Kota Pematang Siantar Timbul Marganda Lingga SH dan meminta komitmennya dalam hal Perda Lambang Daerah.

Sementara itu, Sekretaris Umum DPP HPSI Rohdian Purba SSi MSi, menyampaikan kehadiran HPSI untuk membantu percepatan proses Perda Lambang Daerah.

"Puji syukur, hymne atau mars telah ada, tinggal public hearing dan diparipurnakan. Kami yakin dan percaya, HPSI seirama dengan wali kota dalam mendukung terwujudnya Perda Lambang Daerah," sebut Rohdian.

Sementara itu, Wakil Ketua DPP HPSI, Gregorius Purba SE mengapresiasi dr Susanti yang dengan segala upaya begitu peduli dalam melestarikan budaya Simalungun.

"Saat ini, kami bangga melihat seorang wali kota yang berasal dari Pulau Jawa, namun selalu mengingat Kota Pematang Siantar itu Tanah Simalungun, Tanah Sapangambei Manoktok Hitei. Dan harapan kami, tahun depan akan di-Perda-kan," sebut pria yang akrab dipanggil Greg ini.

Ia mengaku, suku Simalungun memiliki sumber daya manusia (SDM) yang handal dan mumpuni. Dan pada saat ini di pemerintahan dr Susanti, sejumlah putra Simalungun ditempatkan di jabatan yang strategis.

Ia berharap semakin ke depannya, orang-orang Simalungun yang memiliki SDM ditempatkan di jabatan-jabatan strategis Pemko Pematang Siantar.

Greg mengaku HPSI siap mendukung dr Susanti sepanjang membangun Kota Pematang Siantar dan mampu mengangkat harkat Simalungun serta memberdayakan orang-orang Simalungun.

"HPSI diisi dengan pengurus unsur yang lengkap. Semoga ke depannya tetap dilibatkan dalam hal apapun pada kegiatan Simalungun. Ini bukan hanya kepentingan pribadi, namun kepentingan ataupun marwah Simalungun," tandasnya. 

Sementara itu, dr Susanti menyampaikan apresiasi atas kehadiran dan support dari pengurus DPP HPSI. dr Susanti mengajak HPSI untuk berkontribusi dalam pembangunan di Kota Pematang Siantar. 

"Kami menyadari pembangunan di Kota Pematang Siantar, tidak bisa hanya dilakukan Pemko Pematang Siantar. Perlu andil dari sejumlah pihak," sebut dr Susanti 

Ia menegaskan Pemko Pematang Siantar memiliki semangat yang sama dengan HPSI dalam hal Perda Lambang Daerah.

Kepala Bagian Hukum Setdako Pemko Pematang Siantar Hamdani Lubis menambahkan, dr Susanti telah menekankan agar Perda Lambang Daerah menjadi prioritas.  

"Kami Pemko Pematang Siantar sependapat agar hal ini menjadi prioritas di tahun depan," tandasnya. 

Hadir pada audiensi ini, sejumlah pengurus DPP HPSI lainnya, seperti Jarmidin Purba MBA selaku Penasehat HPSI, Pardo Purba selaku Wakil Sekretaris, Daniel Purba Bidang Humas, Agus Purba SH  Bidang Hukum, Rudiarman Purba SPd MPd Wakil Sekretaris, serta Sekretaris Diskominfo Kota Pematang Siantar Esra Sinaga SH MH. (rel/tag/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.