Header Ads



Siantar Tujuan Pengabdian Masyarakat Program Studi Dermatologi dan Venereologi FK USU

Siantar,  Wali Kota menerima kehadiran Departemen/Program Studi Dermatologi dan Venereologi (Kulit dan Kelamin) Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK USU),di Ruang Serbaguna Kota Pematang Siantar, Sabtu (14/10/2023) pagi.

Kota Pematang SianÈ›ar menjadi tujuan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan  Departemen/Program Studi Dermatologi dan Venereologi (Kulit dan Kelamin) Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK USU). Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA mengaku sangat bersyukur atas kegiatan yang berlangsung di Ruang Serbaguna Kota Pematang Siantar, Sabtu (14/10/2023) pagi tersebut.

"Kami sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara atas dipilihnya Kota Pematang Siantar menjadi tujuan dari pengabdian masyarakat ini. Pengabdian ini adalah suatu hal yang luar biasa dan kami bangga karena sebentar lagi kami akan mendapatkan tambahan ilmu tentang kesehatan," kata dr Susanti, yang juga alumni FK USU Program Dokter Spesialis Anak.

Menurut dr Susanti, kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran. Kemudian penelitian dan pengabdian.

"Inilah salah satu bagian yang terintegrasi antara tiga pilar tersebut. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat mandiri dari FK USU, memberikan kontribusi kepada masyarakat Kota Pematang Siantar dalam hal peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat," terangnya.

Sebagaimana diketahui, lanjutnya, visi dan misi Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar adalah Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.

"Dan merupakan visi pertama yang kita laksanakan pada pagi hari ini, dan tentunya Pemerintah Kota Pematang Siantar sangat konsisten dan berkomitmen untuk hal yang  mendukung kesehatan masyarakat Kota Pematang Siantar," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Program Studi Dermatologi dan Venereologi FK USU, dr Ariyati Yosi MKed (KK) mengatakan, maksud kedatangan pihaknya ingin berbagi dengan masyarakat Kota Pematang Siantar di bidang kesehatan kulit dan kelamin.

"Tentu kita ketahui bersama, kewajiban kami sebagai dokter untuk melayani masyarakat di bidang kesehatan. Untuk itu kami perlu memenuhi kewajiban dan tanggung jawab kami kepada masyarakat," sebutnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada dr Susanti dan masyarakat Kota Pematang Siantar yang telah memberikan kesempatan kepada mereka untuk memenuhi kewajiban dan tanggung jawab sebagai dokter dan tenaga kesehatan.

"Selain dokter, kami sebagai dosen juga memiliki kewajiban bahwa kami harus menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai sumbangsih kepada masyarakat yang telah membantu institusi kami," jelasnya.

Tampak hadir, Kepala Departemen Dermatologi dan Venereologi FK USU Dr dr Ramona Dumasari Lubis SpDVE, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar drg Irma Suryani MKM, Tim Pengabdian Masyarakat Departemen/Program Studi Dermatologi dan Venereologi FK USU, dan Camat Siantar Barat Herwan AR Saragih SH. (rel/tag/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.