Header Ads



Peti Jenazah Dibawa Menyebrang dari Sungai Bah Bolon, Ternyata ini yang Terjadi

Siantar, Peti Jenazah dibawa menyebrangi arus sungai yang cukup deras menjadi perbincangan Nitizen, dan mempertanyakan siapa, dan kenapa dibawa dari sungai?, apakah tidak ada jalan lain?.

Atas pertanyaan ini, redaksi Lintas Publik pun mencari tahu kenapa hal itu dilakukan (Jenazah dibawa menyebrang dari Sungai.

Screensoot Peti Jenazah dibawah dari sungai Bah Bolon/ist

Hal itu terjawab, ternayata Jenazah didalam itu adalah almarhum Sixjen Veris Purba Siboro yang tutup usia 77 tahun, yang meninggal pada 19 September 2023, dan dimakamkan Jumat (22/9/2023)

Sebelum dimakamkan Sixjen Veris Purba Siboro yang disapa opung Cristian Doli disemayamkan di Perumahan Dimensi Permai keluarahan Tanjung Tongah, kecamatan Siantar Martoba Kota Pematang Siantar selama 3 (tiga) hari, dan ditempat itu juga dilaksanakan adat batak Sayurmatua (Simalungun).

Hal ini dijelaskan Doni Siahaan salah seorang kerabat (Dongan sahuta) almarhum Cristian Doli yang tinggal di Perumahan Dimensi Permai.

Jembatan Penghubung Sungai Bah Bolon yang sangat sempit/ist.

"Dia penasehat kami di STM Satahi Saoloan di Perumahan Dimensi. Bapak itu sudah kami anggap orang tua (Natua-tua ni Huta), orangnya sangat peduli "parsahutaoan"," jelas Doni, bahwa almarhum opung Cristian dimakamkan di pemakaman keluarga di Nagahuta kota Siantar.

"Itukan pemakamannya makam keluarga. Jadi pada saat akan dimakamkan jembatannya kecil, ngak muat untuk mengangkat peti jenazah. Keluarga dan warga kampung sepakat membawa dari aliran sungai," terang Doni, bahwa lokasi pemakaman berbatasan dengan kampung Nagahuta Simalungun.

Masih kata Doni, almarhum Opung Cristian ini sudah termasuk saurmataua, dan sudah banyak cucunya.

"Sudah saurmatua bapak itu, istrinya Boru Sibarani. Jembatan penghubung juga milik mereka sendiri, karena jembatan itu satu-satunya penghubung ke perladangan mereka, yang juga makam keluarga alm. Sixjen Veris Purba Siboro," ungkapnya.

"Terimakasih kepada dongan sahuta, dan juga warga setempat sehingga acara pemakaman dapat berjalan baik," tutupnya.

Postingan Peti Jenazah awalnya diposting pemilik tiktok Kerja Tapi Jalan Jalan, dan selanjutnya kembali di posting Face Danau Toba Center dan sudah di tonton 57 Ribu kali. Terlihat di vidio ada sekitar tujuh orang masuk ke sungai sambil membawa peti jenazah, dengan perlahan diarus sungai yang deras peti pun dapat disebrangkan.(tag/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.