Header Ads



Ini Para Juara Parheheon Ama Distrik V Sumatera Timur, HKBP Res.Tomuan Juara Koor

Siantar, Pesta puncak pesta parheheon ama HKBP Distrik V Sumatera Timur yang digelar di Aula Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar (UHKBPNP), Jalan Sangnaualuh Kelurahan Siopat Suhu Kecamatan Siantar Timur Kota Pematang Siantar, Sabtu (14/10/2023) sukses.

Acara tersebut diawali dengan barisan prosesi dari kantor Rektor UHKBPNP dilanjutkan dengan kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) dan lemberian ulos, serta pemberian piala dan uang pembinaan kepada para pemenang catur, vocal grup dan paduan suara (koor).

Ephorus HKBP Pdt Dr. Robinson Butarbutar dalam kotbahnya yang diangkat dari nats Alkitab Pilipi 2:12 mengatakan menjadi 'Ama namarsahala' adalah konprehensip.

Dikatakan manusia spesial sudah diselamatkan sehingga keselamatannya harus dijaga dan  dikerjakan dengan baik," Kita spesial sudah diselamatkan. "Jangan anggap enteng keselamatanmu.

Masih banyak yang belum diselamatkan. Untuk itu kamu harus mengerjakan keselamatanmu.," ujarnya.

Ephorus menambahkan ada tiga hal yang harus diperhatikan  dalam hal menjaga keaelamatan dari Tuhan terhadap diri.

Yang pertama manusia harus mengurus diri sebaik baiknya," Karena  sudah diselamatkan maka uruslah dirimu sebaik baiknya dan jaga kesehatanmu. Karena tubuhmu sudah diselamatkan dan ditebus dengan mahal oleh Tuhan,"ujanya.

Kedua kata ephorus harus meningkatkan profesionlisme bekerja. Kerjakan sebaik baiknya dan teruslah meningkatkan pengetahuan," Tingkatkan pengetahuanmu sebagai ama,"ujarnya.

Yang ketiga, jadilah sebagai imam di dalan rumah tanggamu. "Maka jangan ragu akan doamu. Harus yakin bahwa doamu didengar Tuhan," Barulah kamu akan menjadi ama namarsahala,"ujarnya

Ama memang berkuasa dari struktur bermasyarakat tetapi kekuasaa itu sering dilakukan untuk menindas manusia, "Ama yang membangun, ama yang membebaskan, ama yang mebuka peluang peluang,"ujarnya seraya mengatakan agar mengerjakan keselamatannya," Kerjakanlah keselamatanmu.

   

 Jadikan keselamatanmu yang mendatangkan kebahagian,"pungkasnya.

Ketua umum panitia Hendra Simanjuntak M.Pd bersama panitia lainnya dan penasehat dalam sambutannya yang dibacakan Timbul M Lingga SH mengatakan  seorang bapa (ama) adalah menjadi imam / kepala keluarga bagi istri dan anak - anaknya.

Selain  itu juga sebagai pemimpin dan penentu tujuan arah dari keluarga. Figur ama (bapak) yang takut akan Tuhan menjadi peran modal utama dalam memimpin keluarga," Ama namarsahala mampu mengarahkan dan mendidik anak dalam moral  dan kerohaniannya,"ujarnya.

Sementara itu, Walikota Pematang Siantar yang diwakili Pardamean Silaen dalam sambutannya mengatakan sangat senang bisa bersilaturahmi dengan masyarakat khususnya warga HKBP Distrik V Sumatera Timur.

Dikatakannya di tengah tantangan bergereja, bermasyarakat dan bernegara, peran ama juga semakin banyak mengalami tantangan.

'Melalui pesta ini kita harapkan ama HKBP distrik V bisa memainkan perannya sebagai pembawa kasih dalam keluarga, lingkungan gereja dan dalam lingkungan sekitar,"ujarnya.

Adapun doa syafaat dibawakan Pdt Herwin Simarmata M.Th (Ka.Biro Ama/ Lansia HKBP)

Acara mengangkat thema "Ama namarsahala tersebut dihadiri langsung ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar, Kabiro Ama/Lansia Pdt Herwin Simarmata M.Th, Praeses HKBP Distrik V Sumatera Timur Pdt Maurixon Silitonga MTh, Mantan Praeses Distrik V Pdt Tendens Simanjuntak STh, Ketua DPRD Pematang Siantar Timbul M Lingga SH, Rektor UHKBPNP Dr Muktar B Panjaitan M.Pd, Pariaman Silaen mewakili Walikota Pematang Siantar, anggota DPRD Kota Pematang Siantar Frans Herbet Siahaan, Ketua Tahun Profesionalisme  Distrik V Bane Raja Manalu, Ketua PAD dan sekretaris PAD, 

para kepala bidang Distrik V Sumatera Timur, Para pendeta resort se - Distrik V Sumatera Timur dan para juara peserta lomba serta para dekan, wakil dekan dan Kaprodi UHKBPNP.

Adapun pemenang setiap perlombaan adalah: 

A.Untuk lomba vidio pendek sinematic adalah Yolanda Vinia Nainggolan (HKBP Res.Setia Negara).

B.Turnamen catur

Juara 1. HKBP Res. Sinta Nauli

Juara 2. HKBP Res. Immanuel Tomuan

Juara 3. HKBP Res. Pardamean

Juara Harapan: HKBP Res. Tomuan.

C. Festival Vocal grup

Juara 1. HKBP Res. Parapat

Juara 2. HKBP Res. Pematang Siantar

Juara 3. HKBP Res. Dame

Juara harapan 1. HKBP Res. Martoba

Juara harapan 2. HKBP Res. Setia Negara

Juara harapan 3. HKBP Res. Siantar Sawah

Juara favorit: HKBP  Pardomuan Res. Parapat.

C. Festival koor

Juara 1. HKBP Res. Tomuan

Juara 2. HKBP Res. Siantar Kota

Juara 3. HKBP Res. Parapat

Juara harapan 1. HKBP Res. Dame

Juara harapan 2. HKBP Res. Balata

Juara harapan 3. HKBP Res. Setia Negara. (red/tag/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.