Header Ads



Bupati Humbahas Buka Rakor Tim Pengawasan Orang Asing

Humbahas, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Eliapzan Sihotang membuka secara resmi Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Humbang Hasundutan, Selasa, 24 Oktober 2023.

Hadir pada rapat koordinasi ini, Forkopimda Kabupaten Humbang Hasundutan dan  perwakilan instansi terkait

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Eliapzan Sihotang menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada Kementerian Hukum dan HAM RI dengan kehadiran dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematang Siantar.

"Kehadiran Bapak/Ibu tentu membawa dampak positif terhadap masyarakat Humbang Hasundutan." Ucapnya

Kehadiran warga negara asing maupun investor asing disatu sisi memang dibutuhkan sepanjang membawa manfaat bagi pembangunan dan pengembangan daerah. Namun demikian kita harus tetap mewaspadai dampak negatif yang mungkin timbul dari keberadaan dan kegiatan warga negara asing. Oleh karena itu, keberadaan warga negara asing perlu mendapat perhatian dari semua pihak maka untuk itu perlu koordinasi antar instansi terkait.

Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) ini merupakan wadah tempat berbagi informasi sehubungan dengan lalu lintas keberadaan maupun kegiatan orang asing di Indonesia.

Dengan terlaksananya Rapat Koordinasi Timpora di Kabupaten Humbang Hasundutan ini diharapkan akan tercipta sinergitas dan kesamaan persepsi antar instansi sesuai dengan bidang tugas masing-masing.

Sementara itu dalam laporannya sebagai Ketua Panitia, Kepala Seksi Inteldakim, Albert Oloan Pasaribu menyampaikan bahwa pelaksanaan Rakor Timpora ini bertujuan untuk memperkuat fungsi pengawasan orang asing dan juga untuk mewujudkan pengawasan keimigrasian yang terkoordinasi dan menyeluruh terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Rakor ini menghadirkan pembicara Kasubsi Izin Tinggal Keimigrasian, Permadi Ali Swandono dengan topik Pengaruh Perkawinan Campur dalam Pemberian Visa dan Izin Tinggal. Kasubsi Teknologi Keimigrasian, M. Jackson Bangun, S.Kom, MM dengan topik Layanan Kewarganegaraan bagi Anak Berkewarganegaraan Ganda. (rel/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.