Header Ads



Bupati Humbahas Buka Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting

Humbahas, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE membuka secara resmi Forum Koordinasi Percepatan Stunting Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2023 (18/10) di Aula Coffee Ayola Doloksanggul. 

Forum ini melibatkan Instansi Lintas Sektoral dan OPD terkait. Turut hadir pada forum ini Kajari Humbahas diwakili Kasi BB Ilmi Akbar Lubis SH. MH, Kapolres diwakili Kabag SDM Kompol Firman Tarigan, Asisten Pemerintahan Makden Sihombing, S.Sos, MM, Pimpinan OPD dan lainnya.

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa data terakhir per hari ini Stunting di Humbang Hasundutan menurun drastis mencapai 8,4% dan target kita Tahun  2024 harus dibawah 5%.

Penurunan angka stunting lebih efektif jika petugas langsung turun melihat kelapangan tidak acara seremonial belaka. Apa yang disampaikan oleh Bapak Presiden RI harus diaplikasikan di lapangan. Dari segi anggaran, jangan lebih banyak biaya rapat-rapat, perjalanan dinas dari pada biaya yang langsung menyentuh masyarakat.

Dengan turun langsung ke lapangan kita bisa mengetahui apa yang menyebabkan terjadinya stunting. Di Humbang Hasundutan kita berhasil menurunkan angka stunting dengan signifikan adalah karena kita langsung turun ke lapangan dan melihat orangnya, ‘by name by address’, serta menanganinya secara berkesinambungan.

Bupati juga menambahkan bahwa tidak seorang pun ibu menginginkan anaknya stunting. Dalam orang Batak ada istilah ‘Anakkon hi do hamoraon di au’ (anakku lah kekayaan bagiku-red) ini sudah cukup membuktikan seyogianya stunting tidak ada di Humbang Hasundutan. Tetapi karena ketidakpahaman dan kekurangtahuan orang tua sehingga stunting ada.

Sementara itu, Ketua Pokja Perencanaan, Pengendali DAK dan Percepatan Penurunan Stunting BKKBN Provsu Hari Pranata Satria, S.Kom dalam Laporan sekaligus pemaparannya menyampaikan bahwa Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting ini merupakan bentuk koordinasi, kolaborasi dan evaluasi kita selaku TPPS Kabupaten Humbang Hasundutan dan mitra lainnya dalam percepatan penurunan stunting.

Kami tetap mendorong kerjasama multipihak, demikian juga dengan mitra-mitra lainnya seperti BUMN/BUMD maupun perusahaan swasta agar mampu berpartisipasi mendukung percepatan penurunan stunting di Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Kepala Bappeda, Pahala Lumban gaol, ST, M.Sc, M.Eng, Kabid PPKB Teofilus Rajagukguk dan Kabag Perekonomian dan SDA Pommer Hutabarat. (tag/rel/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.