Header Ads



97 Persen Penduduk, BPJS Pusat Berikan Penghargaan UHC Kepada Pemkab Humbahas

Doloksanggul, Terhitung sejak 01 Oktober 2023, sebanyak 198.578 (Seratus Sembilan puluh delapan ribu lima ratus tujuh puluh delapan) jiwa penduduk Kabupaten Humbang Hasundutan telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 204.711 jiwa atau sebesar 97%.  

Hampir seluruh warga masyarakat di Kabupaten Humbang Hasundutan telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan dan kepesertaannya dapat langsung aktif. 

Atas capaian UHC (Universal Health Coverage) di Kabupaten Humbang Hasundutan, BPJS Pusat memberikan UHC Award kepada Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan.

Raihan UHC Award Humbahas ini sangat membantu pelayanan kesehatan masyarakat dimana akses pelayanan yang adil & bermutu bagi setiap warga semakin baik & perlindungan risiko finansial ketika warga mengunakan pelayanan kesehatan. Masyarakat yang sakit dan didaftarkan sebagai peserta JKN dari segmen PBPU )(Pekerja Bukan Penerima Upah)  BP (Bukan Pekerja)  Pemda, kepesertaannya langsung aktif.

Gagasan UHC ini berawal dari komitmen Bupati Humbang Hasundutan yang disampaikan pada saat launching Mal Pelayanan Publik (MPP) agar Kabupaten Humbang Hasundutan secepatnya mencapai Universal Health Coverage (UHC). BPJS menyambut baik pembangunan MPP yang merupakan terobosan kebijakan yang sangat inovatif dalam mendukung pelayanan kepada masyarakat dan loket pelayanan. BPJS Kesehatan memberikan pelayanan di gedung MPP dan terintegrasi dengan pelayanan masyarakat baik dari loket pelayanan Pemerintah Kabupaten maupun pelayanan dari lembaga vertikal lainnya.

Kepala BPJS Humbahas Ester M Suzanne Sitompul S.Si, Senin (23/10) di Doloksanggul mengatakan atas capaian UHC di Kabupaten Humbang Hasundutan, BPJS Pusat memberikan UHC Award kepada Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan. Kegiatan launching penyerahan piagam dan sertifikat penghargaan UHC untuk Kabupaten Humbang Hasundutan akan disampaikan langsung Deputi Direksi Wilayah I BPJS Kesehatan kepada Bupati Humbang Hasundutan direncanakan, Sabtu (28/10/2023) mendatang bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Piagam penghargaan itu diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Humbahas atas komitmennya mencapai UHC 2023. (rel/tag/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.