Header Ads



Kepemimpinan Dosmar Dinilai Bawa Humbahas ke Depan Lebih Baik, Ini Alasannya

Humbahas,  Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor, dinilai akan membawa baik untuk kemajuan Humbahas ke depannya. Hal tersebut terlihat dari berbagai sektor pembangunan yang dibenahi.

Mantan Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK, Dumoly F Pardede mengatakan, kebijakan pembangunan diberbagai sektor era Dosmar Banjarnahor akan membawa kebaikan bagi Humbahas.

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor
Menurut dia, semisal sektor pendidikan pada pembelajaran metode gasing, masuknya para pelajar ke perguruan tinggi dan ke DEL, serta pemerataan pembangunan, pengembalian tanah ulayat ke masyarakat, serta dukungan program Pemerintah Pusat berupa Food Estate yang ditempatkan di Kabupaten Humbahas.

Dikatakan Dumoly, pembelajaran metode gasing yang digagas Yohanes Surya yang selanjutnya diterapkan oleh Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor di daerahnya untuk menjadi pembelajaran favorit, kini telah merubah stigma matematika dari pelajaran yang menakutkan menjadi menyenangkan bagi pelajarnya.

” Kita bisa lihat para pelajar di daerah tersebut semakin menyukai pembelajaran gasing. Bisa dilihat dari beberapa penampilan beberapa pelajar tingkat SMP yang salah satunya pelajar SMP Kabupaten Humbahas melakukan penghitungan di kantor Menko Marves yang disaksikan Presiden Bank Dunia Mr Ajay,” kata Dumoly, Selasa (26/9/2023).

Lebih lanjut, Dumoly mengatakan, selain dari metode gasing, pemerataan pembangunan yang begitu masif. Dia memisalkan, pembangunan infrastruktur pada objek pariwisata di Bakara. Serta, adanya pengembalian 7000 ha dari TPL.

Disebutkannya, dari strategi pembangunan yang begitu masif  semisal pada pembangunan infrastruktur objek wisata di Bakara, akan berdampak pada ekonomi masyarakat sekitar.

Dua tahun kedepan, masyarakat akan merasakan dampak naiknya perekonomian. Mulai pertanian adanya jual beli lebih lancar, dan usaha. Baik usaha warung, usaha jual foto, dan lainnya. Itu dikarenakan pembangunan infrastruktur sudah lebih baik.

“Jadi, betul-betul dia berpikir untuk Humbahas. Apalagi, Humbang sekarang berkolaborasi dengan kelas tinggi, mulai Salim Grup, Maspion, Wings, Saripan, China, Jepang, Korea, Australia dan As. Saat ini para periser hilir mudik di Dolok Sanggul, Humbang luar biasa,” ujar Pardede.

“Dengan piwai dan rendah hati, Dosmar tetap meminta dukungan dari Opung LBP di berbagai bidang demi kemajuan Humbahas,” tambah Dumoly.

Masih dikatakan Dumay, dalam strategi pembangunan, tidak hanya Kabupaten Humbahas juga kawasan danau Toba akan menuju lebih baik.

Hal itu terlihat dari kebijakan yang dilakukan Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan pada program pembangunan. Mulai, pertanian pada program Food Estate yang dipusatkan di Kabupaten Humbahas, dan program lainya.

Dijelaskanya, pada program Food Estate setelah dianya mendapat penjelasan dari tim riset Food Estate, dihadiri Menteri Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Richardo Galael, Dr Vanbasten Panjaitan pada 21 September 2023 lalu, ternyata para petani di kawasan Danau Toba akan menjadi petani ulung berbasis riset.

“Rupanya beliau membuat Food Estate di Humbang untuk pusat riset dengan kerjasama ke China, Korea, Jepang dan AS. Saya bangga sama pak LBP dengan cita-cita yang tinggi dan nyata. Semoga semua berjalan lancar dengan doa-doa dan dukungan kita semua. Khususnya semoga Pak LBP dan keluarga diberkati Tuhan selalu dan umur panjang,” ucapnya mengakhiri pembicaraan. (red/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.