Header Ads



“SEMANGAT UNTUK BANGKIT“ Harkitnas Diperingati di Humbahas

Doloksanggul, Hari Kebangkitan Nasional ke-115 tahun 2023 dengan tema “Semangat Untuk Bangkit” diperingati di Kabupaten Humbang Hasundutan bertempat di Halaman Kantor Bupati Humbahas Bukit Inspirasi Doloksanggul, Senin (22/5). Dalam kegiatan itu, sebagai inspektur  upacara Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE dan komandan upacara KBO Reskrim Polres Humbahas Ipda Romi Ginting . Paduan suara dari SMAN 2 Lintongnihuta.  Paskibra dari SMAN 1 Doloksanggul yaitu Olivia F Simamora, Iren T Purba dan Helen Safitri Siburian.

“SEMANGAT UNTUK BANGKIT“ Harkitnas Diperingati di Humbahas
Selain ASN, upacara Hari Kebangkitan Nasional itu diikuti Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto, MH, Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumbangaol, SH, Wakil Ketua DPRD Humbahas Marolop Manik dan anggota DPRD Humbahas, Pabung 0210/TU  Mayor Ojak Simarmata, Kasi Intel Gerry Anderson Gultom, SH, MH, Sekda Drs. Tonny Sihombing, Kepala BPS Humbahas Rudy H Harianja, para pimpinan OPD, TP PKK, DWP serta mahasiswa Akbid Kesehatan Baru Doloksanggul. 

Sambutan  Plt Menteri Komunikasi  dan Informatika Moh. Mahfud MD yang disampaikan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE dikatakan bahwa seratus  lima  belas  tahun  lalu,  bara  persatuan  Indonesia  sebagai  negara  mulai menyala.  Hal  ini  ditandai  dengan  meleburnya  berbagai  gerakan  perjuangan  yang bersifat  kedaerahan  menjadi  satu  barisan  yang  utuh  dengan  didirikannya  Boedi Oetomo  pada tanggal  20 Mei  1908. Sejak  saat itu, gerakan  perjuangan  Indonesia dengan  gegap  gempita  bergerak  maju  mewujudkan  Republik  Indonesia  sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur.

Didirikan  oleh  dr.  Soetomo  bersama  para  mahasiswa  School  tot  Opfeiding  van lndische Arlsen (STOVIA), Boedi Oetomo berdiri untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar  ketertinggalannya  dari  bangsa  lain  di  masa  itu.  Di  samping  itu,  Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya  untuk  mengejar 3 (tiga) tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan  nasional, yakni: 1.    Memerdekakan  cita-cita kemanusiaan. 2.   Memajukan nusa dan bangsa, serta 3. Mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Barisan  persatuan  yang dibentuk  oleh  Boedi Oetomo adalah  suatu  pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi  berbagai tantangan di masa yang sulit, baik pada  masa  pra-kemerdekaan  maupun  pasca-kemerdekaan.   Di masa  ini,  di  saat kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju  bergerak  - mengobarkan  api "Semangat  Untuk Bangkit!" demi  mewujudkan Indonesia  Emas 2045. 

Pada tanggal 5 Mei 2023, Sadan Kesehatan Dunia  (WHO) telah mengumumkan bahwa status Public Health Emergency of International Concern  (PHEIC)  atau darurat kesehatan global untuk COVID-19 secara resmi dicabut. Kita patut bersyukur karena dunia telah melalui krisis pandemi COVID-19. Selama tiga tahun terakhir, di tengah kekurangan, tantangan,  dan masalah yang kita hadapi  bersama, barisan perjuangan rakyat  Indonesia  terbukti  tetap  erat  dalam  melaksanakan penanganan  pandemi COVID-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa. Hal ini menjadi momentum untuk memaknai Hari  Kebangkitan  Nasional  ke 115 ini  sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pascapandemi.

Hari Kebangkitan Nasional hari ini juga kita maknai dengan memperingati perjuangan bersama kita. Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, pers,  komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling  bahu-membahu berkolaborasi menerapkan  nilai-nilai  persatuan juga  kesatuan  dalam  mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun.

Data  Sadan Pusat Statistik (BPS)  menunjukan bahwa  perekonomian  Indonesia di tahun 2022 tercatat tumbuh 5,31% (Year--0n-yearlyoy), jauh meningkat dari pertumbuhan  di tahun  2021   sebesar  3,70% (yoy)  dan  bahkan melebihi  capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi di tahun 2019. Pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan  I    tahun 2023 pun masih tercatat terus bertumbuh sebesar 5,03% (yoy),  menunjukkan performa yang lebih  baik dari periode Triwulan  IV tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01 % (yoy).

Tentu  kita  berharap  agar  capaian-capaian  ini  dapat  kita  pertahankan dan  terus tingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa Indonesia. Selain merayakan berbagai capaian bangsa  Indonesia,  Hari Kebangkitan  Nasional juga kita maknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan, atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan kita.

Kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah kita di berbagai forum internasional. Dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan  20 negaralentitas  regional dengan kekuatan ekonomi  terbesar, yakni G20. Presidensi  G20 Indonesia  di  tahun 2022  semakin membawa harum nama  lbu  Pertiwi dalam mendorong Semangat Untuk Bangkit di tingkat dunia dengan mengangkat tema "Recover Together,  Recover Stronger'.

Kepemimpinan Indonesia di tingkat dunia pun terus berlanjut dengan keketuaannya dalam forum ASEAN di tahun 2023 yang efektif berlaku sejak tanggal 1   Januari 2023 yang lalu. Semangat Untuk Bangkit dan mempercepat pemulihan global pascapandemi jug a dikobarkan di tingkat regional dengan mengusung tema "ASEAN Matters:  Epicentrum  of Growth". Dengan mengusung tema tersebut,  Indonesia ingin menjadikan Asia Tenggara sebagai kawasan  yang penting dan relevan bagi seluruh dunia dalam merespon tantangan  regional maupun global,  sekaligus memperkuat posisi ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi dunia.

Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pascapandemi COVID-19 sekaligus perjalanan menuju Indonesia Emas 2045. Mengutip perkataan dr. Soetomo: "Generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah airnya".

Dengan semangat yang sama pula, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras.  kerja cerdas. juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan. Kita juga  ingin agar bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjukjalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak. Selamat memaknai dan mempelingati  Hari  Kebangkitan Nasional  ke  115 bagi kita semua. Berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju dengan Semangat Untuk Bangkit.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.