Header Ads



Penyakit kresek Menganas Tanaman Padi di Simalungun, Petani Terancam Gagal Panen

Simalungun, Beberapa Hektar Tanaman Padi Di Nagori  Siborna dan Nauli Baru Kecamatan Panei gagal Panen kabupaten Simalungun  Pasalnya Tanaman Padi Di serang Penyakit Kresek hingga Perkembangan Padi tidak ada dan Sudah layu Daunnya Menguning hingga mati.

Pantauan Dilokasi Rabu (10/5) Tanaman Padi yang masih Berumur lebih kurang 60 hari  sudah nampak daunnya  Menguning dan layu hingga mati dan gagal Panen  dan serangan Penyakit sudah Menular ke lahan yang Berdekatan dengan lahan yang terserang Penyakit dan Bila ada usaha Pencegahan di kwatirkan akan Menambah Serangan Ke Ratusan lahan lain yang Saat ini sudah mulai fase Primordial. 

Salah satu warga Petani yang didapat disambangi yang mengaku bermarga Munte dan Nainggolan mereka sudah Kuatir terhadap Serangan Penyakit ini padahal mereka hanya mengharapkan Hasil Produksi Panen  dari Tanaman Padinya, dan mereka sudah Melakukan Pencegahan dengan melakukan Penyemprotan dengan Pestisida tapi berhasil.

" entah  kemana  lagi kami mengadu kemungkinan serangan Penyakit Mentek ini akan Menular ke lahan Persawahan kami hingga panen kami terancam gagal seperti lahan tetangga kami sebelah sudah menjerit lahannya karena sudah kesal tidak akan ada lagi hasil Panennya, apalagi kami memberangkatkan Anak sekolah setiap hari dan sudah meminjam kepada Toke Padi, sedih  kali lah Bang," ujar mereka.

Kadis Pertanian Simalungun Sabhan dan Kabid Musdianto ketika Mau di konfirmasi mengenai  Penyakit kresek  yang Menganas Menyerang Tanaman Padi itu tidak mau Mengangkat walaupun ada tanda Conterangan Kuning. lind/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.