Header Ads



Sepak Terjang Hary Tanoe yang Dipanggil Jokowi ke Istana Negara

Jakarta, Hary Tanoesoedibjo selaku Ketua Umum Partai Perindo dipanggil oleh Presiden Joko Widodo ke Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (26/4/2023). Hary Tanoe terlihat datang ke kompleks Istana Kepresidenan sekitar pukul 09.10 WIB.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Hary Tanoe sempat bertemu dalam acara ulang tahun ke-8 Partai Perindo pada 7 November 2022.

BACA JUGA  Alasan AKBP Achiruddin Hasibuan Biarkan Anaknya Aniaya Ken Admiral, Sudah Siapkan Skenario

 Hary Tanoe/net
Keduanya kembali bertemu dalam urusan bisnis, yaitu peresmian Kawasan Ekonomi Khusus Lido yang dikelola MNC Grup pada Jumat (31/3/2023).

Berkaitan dengan hal tersebut, berikut profil dan rekam jejak Hary Tanoe yang dipanggil Jokowi ke Istana Kepresidenan Jakarta.

Profil Hary Tanoe

Hary Tanoe merupakan sosok kelahiran Surabaya, 26 September 1965. Ia merupakan putra seorang pengusaha bernama Ahmad Tanoesoedibjo.

Pemilik MNC Group ini menempuh pendidikan SMAK St Louis Surabaya. Namun, ia memutuskan keluar karena pernah diskors 6 bulan. Hary akhirnya mengikuti ujian persamaan dan menerima ijazah SMA.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di Kanada. Berkuliah di Charleton University, Hary akhirnya dinyatakan lulus S1 pada 1988.

Setelah itu, Hary mengambil gelar Master of Business Administration di Ottawa University Kanada pada 1989.

Perjalanan karier Hary Tanoe

Hary Tanoe mendirikan PT Bhakti Investama pada 1989. Ia menjadi pemegang saham sekaligus presiden eksekutif. Perusahaan itu kemudian mengambil alih sebagian saham PT Bimantara Citra Tbk tahun 2000.

Usai mencaplok saham PT Bimantara Citra, Hary kemudian mengubah namanya menjadi PT Global Mediacom Tbk. Ia pun menjadi presiden direktur perusahaan tersebut.

Selanjutnya pada 2004, Hary Tanoe menjadi presiden direktur PT MNC dan PT Rajawali Citra Televisi Indonesia. Ia juga menjabat sebagai Komisaris pT Mobile-8 Telecom Tbk dan Indovision, serta mulai mengembangkan usaha di bisnis televisi berbayar.

BACA JUGA  Dilaporkan Sejak Tahun Lalu, Mengapa Anak AKBP Achiruddin Baru Ditetapkan sebagai Tersangka?

Hary juga menjalankan bisnis penyiaran stasiun radio Trijaya FM, Harian Seputar Indonesia, Majalah Trust dan Majalah Genie. Ia juga beberapa kali diundang menjadi dosen tamu di dunia pendidikan, hingga pembicara dalam bidang perusahaan dan investasi.

Sosoknya juga sempat aktif di bidang olahraga setelah dipercaya menjadi Bendahara Komite Olahraga Nasional (KONI). Kemudian menjadi Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia selama dua periode, yakni periode 2014-2018 dan 2018-2022.

Hary juga pernah menjadi Ketua Umum PB Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) pada 2019 hingga 2023.

Pada 2013, Hary memutuskan terjun ke dunia politik. Awalnya ia mendirikan organisasi kemasyarakatan bernama Persatuan Indonesia (Perindo).

Adapun deklarator ormas ini lainnya adalah Yusril Ihza Mahendra, Romli Atmasasmita dan mantan Sekretaris Jenderal Partai NasDem Ahmad Rofiq.

Selanjutnya pada 2014, Hary Tanoe bergabung denagn Partai Hanura yang dibentuk Wiranto. Keduanya menjadi bakal calon presiden dan wakil presiden. Namun, Hary akhirnya mengundurkan diri karena perolehan suara Partai Hanura sangat kecil.

Hary pun mendukung pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa pada Pilpres 2014. Sayang, pasangan tersebut kalah di Pemilu 2024 melawan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Hary lantas membentuk Partai Perindo pada 2015. Partai bentukannya ini kemudian didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 2018.

Perindo pun bertarung di Pemilu 2019 sebagai peserta. Sayang, partai politik ini hanya mendulang suara yang sangat kecil, yakni sebesar 2,67 persen. Hal tersebut membuat Partai Perindo tidak bisa lolos ke Senayan.

Akhirnya, pada tahun yang sama, Hary Tanoe memutuskan membawa Partai Perindo untuk berkoalisi mendukung Jokowi dan Ma'ruf Amin.

Prestasi Hary Tanoe

Hary Tanoesoedibjo masuk dalam Asian Globe sebagai salah satu dari 50 pemimpin baru pembawa perubahan pada 2018.

Selain itu, sosoknya  juga menjadi salah satu tokoh inspirator bangsa dari Serikat Pekerja Bank Bank Tabungan Negara pada 2018. suara.com/t

BACA JUGA  Polres Simalungun Evakuasi Mobil Masuk Jurang, 1 Meninggal Dunia


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.