Header Ads



Survei LPM USI : Perumda Tirta Uli Mendapat Nilai Baik Atas Layanan, Layakah Tarif Dinaikan?

Siantar, Hasil kegiatan Survey permintaan real dan kesediaan untuk membayar Tarif Perumda Tirta Uli Kota Pematang Siantar (Real Demand Survey dan Willingnes to Pay) yang dilakukan Tim Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Simalungun mendapat hasil nilai 6.45 (Baik), kegiatan ini gelar Sosialisasi di Convention Hall LT II Siantar Hotel, Pematang Siantar. Senin(20/2/2023)

Atas Hasil ini, Membawa Perusahaan Umum Daerah Tirta Uli Kota Pematang Siantar berbagai poenghargaan, salah satunya penghargaan TOP Pembina BUMD se Indonesia Tahun 2022 dibawa pimpinan Direktur Utama Perumda Tirta Uli Ir. Zulkifli Lubis, MT.

LIHAT JUGA Detik-detik Pipa Air Milik Tirtauli Siantar Diangkat Di Marihat

Asissten III Drs. Pardamean Silaen, M.Si membacakan sambutan Walikota dr. Susanti Dewayani, Sp.A, menyampaikan, semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, saya sebagai Walikota sangat mendukung penuh kegiatan ini. RDS ini menjadi acuan dan dasar penting untuk melakukan tindakan Perumda kedepan.

“Semoga kegiatan ini menjadi modal kemajuan Perumda kedepan, lebih baik,”kata Pardamean sekaligus membuka kegiatan tersebut, 

Direktur Utama Perumda Tirta Uli Ir. Zulkifli Lubis, MT, menyampaikan sosialisasi ini bertujuan menjawab persoalan masyarakat yang terjadi. dimana ada kelebihan dan terdapat kekurangan. hanya saja berdasarkan hasil analisa anggaran penggunakan Perumda Tirta Uli perlu dilakukan penambahan anggaran sesuai Permendagri Nomor 21 Tahun 2020 yaitu, peningkatan tarif air. 

"Semoga hasil Survey ini nantinya membawa Perusda Tirtauli semakin baik lagi melayani kebutuhan air untuk masyarakat luas,"katanya dalam sambutan.

Ketua TIM Survey LPM USI DR Pinondang Nainggolan didampingi DR. Anggiat Sinurat, M.Si, mengatakan tujuan survey ini dilakukan untuk mengatahui RDS Masyarakat di Kota Pematang Siantar baik pelanggan maupun Non pelanggan air minum, dan mengetahui tingkat Willingness to Pay (WTP) dan kemampuan Ability to Pay (APT) RT masyarakat sebagai pelanggan air minum.

BACA JUGA  Pelanggan Perumda Tirtauli akan Dikenakan Beban Tetap, Ini Penjelasannya

Survey RDS & WTP ini dilaksanakan sesuai dengan Permendagri Nomor 71 Tahun 2016 dan Permendagri Nomor 21 Tahun 2020 dimana terkait tarif dapat dilakukan peninjauan serta menetapkan tarif baru dengan memperhatikan kemampuan pelanggan.

Survey menggunakan Random Sampling dengan tabel Krejcie Morgan dengan jumlah populasi pelanggan 70.558 Rumah Tangga(RT), dengan hasil survey terhadap 381 pelanggan meliputi pendidikan pelanggan, pendapatan pelanggan, jumlah anggota keluarga dan kepuasan pelanggan. dengan jumlah penduduk 279.100 penduduk.

Survei sendiri dilakukan selama 6 bulan pada tahun 2022, baik survei kepatuhan pembayaran, pencatatan meter, penanganan pengaduan, kualitas Air, dan lainnya.

Menurut penjelasannya, hasil survey didapatkan sebagian masyarakat tidak keberatan jika tarif air minum ditingkatkan.

Ditempat yang sama, beberapa warga yang hadir menjelaskan, agar Perumda Tirtauli terus meningkatkan pelayanan masyarakat, baik pengaduan pelanggan, tarif air (tiba-tiba membengkak), dan juga respon pengaduan cepat apabila ada gangguan (air tidak mengalir kerumah), dan ganguan cepat bila ada pipa bocor.

Namun dari kesimpulan Survei tersebut, kualitas air yang dihasilkan Perumda Tirtauli dinyatakan sangat baik, bahkan terbaik di Sumatera Utara. Respon pengaduan kepada pelanggan juga semakin cepat, baik langsung maupun mengunakan media komunikasi Online, dengan adanya peningkatan ini diharapkan Perumda menjadi perusahaan yang sehat, dan dapat terus memenuhi kebutuhan air di kota Pematang Siantar sekitarnya, karena banyak juga warga yang mengunakan sumur bor untuk kebutuhannya. tag/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.