Header Ads



328 Peserta, dr Susanti Berharap MTQ Siantar Martoba Membumikan Alquran dalam Perbuatan

Siantar, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-55 Tingkat Kecamatan Siantar Martoba diharapkan dapat membumikan Alquran dalam setiap perilaku dan perbuatan. Termasuk menanamkan rasa cinta pada Alquran dengan metode-metode yang edukatif. 

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA dalam bimbingan dan arahannya saat membuka acara MTQ ke-55 Kecamatan Siantar Martoba Tahun 2023, di Masjid Ar-Ridho, Jalan Asrama Martoba Kelurahan Naga Pita, Kamis (02/02/2023) sekitar pukul  09.00 WIB.

Menurut dr Susanti, MTQ juga diharapkan akan lahir kecintaan generasi penerus terhadap Alquran, termotivasi untuk mempelajari, memahami, menafsirkan, menggali isi kandungannya untuk diamalkan dalam kehidupan, dan kemudian disosialisasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

Sebagai miniatur Kebhinnekaan, katanya, Pematang Siantar merupakan kota yang majemuk dari sisi agama, suku, dan etnis.  Kerukunan antar umat beragama menjadi keniscayaan yang tidak bisa ditinggalkan. Karenanya, harus saling menghormati dan menghargai, saling menyejukkan, serta saling tolong-menolong dalam kebaikan, agar tercipta kehidupan masyarakat yang toleran dan kondusif. 

"Pemahaman nilai-nilai agama yang baik tentunya sejalan dengan kesalehan sosial kita sehari-hari," kata dr Susanti.

Karena itulah, lanjutnya, kegiatan MTQ menjadi penting dilaksanakan. Selain menjadi media dakwah yang menumbuhkan semangat bersaing yang fair dan positif antar peserta, MTQ juga menjadi momen penting untuk membumikan Alquran dalam setiap perilaku dan perbuatan.  Tidak lupa juga, generasi penerus harus ditanamkan rasa cinta pada Alquran dengan metode-metode yang edukatif.

"Kita harus mempersiapkan bekal spiritual mereka agar mereka nantinya kuat mengarungi tantangan zaman," tukas dr Siantar.

Sebagai Wali Kota Pematang Siantar, dr Susanti memberikan ruang kebebasan bagi setiap pemeluk agama untuk menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya. Di beberapa momen, dr Susanti menghadiri kegiatan dan perayaan keagamaan untuk menunjukkan sebagai orang yang beragama.

"Kita harus menjadi penebar rahmat, penebar rasa peduli, mampu menjaga persaudaraan, persatuan, dan kedamaian. Saya hanya ingin Kota Pematang Siantar rukun, damai, serta kondusif. Karena itulah modal untuk membangun Kota Pematang Siantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," terangnya.

dr Susanti mengajak para orangtua, ulama, ustad, dan ustadzah, para penggiat organisasi Islam, para pimpinan lembaga pendidikan Islam untuk berkolaborasi, melakukan akselerasi untuk menanamkan budaya minat baca dan paham Alquran kepada masyarakat. Kita punya Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran, Rumah-rumah Tahfidz juga sudah banyak hadir di kota kita, sekolah ke-Islaman telah banyak berdiri. Jika kita saling bersinergi, memiliki kesamaan visi untuk edukasi keumatan, saya yakin dan percaya, Kota Pematang Siantar akan Bangkit dan Maju menuju Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," terangnya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara MTQ yang sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan bagus. Insya Allah kegiatan nantinya dapat berjalan dengan baik dan lancar, baik pembukaan maupun penutupan nantinya," terang dr Susanti. 

Kepada peserta MTQ, dr Susanti mengucapkan selamat bertanding. Semoga dapat menampilkan performa yang terbaik, dengan harapan bisa jadi pemenang. 

Sebelumnya, Ketua Panitia MTQ Kecamatan Siantar Martoba Saripuddin Sijabat SH dalam laporannya menyampaikan, MTQ dimaksud untuk menumbuh-kembangkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Alquran.

Tujuannya, merupakan seleksi di tingkat kecamatan yang nantinya akan diikut- sertakan pada seleksi tingkat Kota Pematang Siantar.

Sedangkan cabang yang diperlombakan ada tujuh, yaitu Khotil Quran, Tartil Quran, Fahmil Quran, Hifzil Quran, Syahril Quran, Tilawah Anak-anak, Remaja, dan Dewasa, serta Festival Takhtim Pendek, dengan jumlah peserta MTQ 328 orang.

Tampak hadir, Forkopimcam Siantar Martoba, Ketua MUI Kota Pematang Siantar Drs HM Ali Lubis, Ketua LPTQ Kota Pematang Siantar Zainal Siahaan SE MM,

Camat Siantar Martoba Irfan SE beserta jajarannya, Ketua BKMT Kota Pematang Siantar Ernayati Saragih, Dewan Pengawas Perumda Tirta Uli Pematang Siantar Aris SH MH, Dewan Hakim, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda se- Kecamatan Siantar Martoba. rel/tag/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.