Header Ads



Bupati dan Kapolres Simalungun Apel Sinergi Memelihara Kamtibmas di Wilayah Sumatera Utara

Simalungun, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Kapolres AKBP Ronald FC Sipayung, Dandim 0207/Sml diwakili Mayor Inf Toni Sembiring dan Kajari diwakili Asor Olodaiv mengikuti apel Sinergi dalam memelihara situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Sumatera Utara yang digelar Polda Sumut.

Bupati dan Kapolres Simalungun Apel Sinergi Memelihara Kamtibmas di Wilayah Sumatera Utara 

Apel tersebut berlangsung melalui aplikasi zoom yang dirangkaikan dengan Safari Apel Tiga Pilar Kabupaten Simalungun di Aula Andar Siahaan Mapolres Simalungun Pamatang Raya, Sumut, Kamis (15/12/2022).

Tampak hadir mengikuti apel tersebut antara lain Kadis Kominfo Simalungun SML Simangunsong, Kakan Kesbangpol Arifin Nainggolan, Kadis Perhubungan Sabar Saragih, sejumlah Camat, para Kapolsek, Danramil, Babinkamtibmas, Babinsa, sejumah lurah dan pangulu.

Usai mengikuti apel melalui aplikasi zoom, dihadapan peserta apel Bupati Simalungun menyampaikan, sesuai dengan arahan Forkopimda Sumut dalam rangka menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru) dan dampak dari pandemic Covid-19 tentu arus mudik masyarakat akan meningkat. 

Disampaikan Bupati, pandemi Covid-19 yang berlangsung sekitar dua tahun lebih, tentu akan menimbulkan kerinduan pada keluarga masing-masing. Disamping itu, kondisi cuaca saat ini sangat ektrim, perbaikan insfrastruktur jalan provinsi sedang berlangsung.

“Kondisi  ini lah yang akan kita dapat dalam Nataru ini, dan sudah pasti kondisi ini juga akan  menggangu perjalanan mudik masyarakat. Dan ini membutuhkan sinergitas untuk mengatasi hal-hal yang tidak kita inginkan,”kata Bupati.

Selain itu, kata Bupati terkait dengan ketahanan pangan juga harus sama-sama diatasi. Kepada para camat dan pengulu serta lurah diminta untuk sama-sama mengatasi masalah ketentraman dan ketertiban (Trantib) di tengah-tengah masyarakat sesuai dengan dengan aturan yang ada. 

“Masalah Trantib ini harus kita atas bersama-sama, terutama menjelang Nataru ini, dan mohon dukungan dari TNI dan Polri,”ucap Bupati.

Menyinggung dengan Pos Pengamanan (Pospam), Bupati berharap agar ditempatkan pada lokasi-lokasi yang rawan, terutama di perbatasan-perbatasan agar tidak terjadi kemacetan seperti tahun yang lalu saat libur lebaran. 

“Karena yang mudik ini tidak hanya umat kristiani saja, akan tetapi semua umat akan melakukan mudik,”kata Bupati. 

Bupati berharap, dengan kebersamaan dan sinergitas yang dilakukan, Nataru di Kabupaten Simalungun dapat berjalan dengan baik. 

Sementara itu Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung menyampaikan bahwa untuk menghadapi Nataru pihaknya akan mendirikan Pospam tiga kali lipat dari tahun sebelumnya. Hal ini didasari animo masyarakat yang akan melaksanakan mudik dan diprediksi sangat padat.

“Ada 21 Pospam akan kita bangun dalam rangka pengamanan Nataru dengan sasaran jalan lintas. Semua pemangku kepentingan agar berkoordinasi dengan baik. Ada sekitar 200 personil Polres akan diturunkan kelapangan dalam melakukan pengamanan baik sebelum Nataru (arus mudik) maupun setelah Nataru (arus balik). Kita harus sinergi dan berkolaborasi dalam mengatasi Nataru,”kata Kapolres.  rel/tag/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.