Header Ads



Usut Kasus Gagal Ginjal Akut, Polisi Temukan Bahan Aktif Pada Obat Sirup Produksi PT Afi Farma

 Jakarta, Tim gabungan penyidik Bareskrim Polri terus mengusut kasus Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) pada anak.

Ilustrasi
Teranyar dari hasil penyelidikan, polisi menemukan bahan aktif pembuat obat sirup yang diduga mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) saat memeriksa produksi PT Afi Farma Pharmaceutical Industries (Afi Farma/AF).

"Diduga memang ada kita temukan bahan tambahan namanya. Ada namanya bahan aktif, bahan aktif ini kan seperti misalnya sirup itu adalah paracetamol, itu berarti kan bahan obatnya paracetamol lah seperti itu kira-kira nah nanti kita lebih jelasnya mau nanya ahlinya," kata Dirtipidter Bareskrim Polri, Brigjen Pol Pipit Rismanto, Rabu (9/11/2022).

"Bahan tambahan mana yang mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG). Itulah nanti kita mengerucut ke sana," sambung Pipit.

Dari temuan tersebut, ujar Pipit, penyidik segera mengembangkannya kepada pihak supplier yang memasok bahan baku kepada PT Afi Farma.

"Siapa yang mensupply, siapa yang menerima. Terus pertanyaannya, siapa yang mengecek kira-kira begitu. Kita dalami kok bisa enggak dideteksi gitu," paparnya.

Jenderal berbintang satu itu menerangkan, sejauh ini penyidik telah memeriksa sebanyak 28 orang saksi dari pihak PT Afi Farma.

Kemudian, lanjut Pipit, tim juga telah mengirimkan undangan pemanggilan terhadap Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) dab Kementerian Kesehatan (Kemenkes), serta pihak importir yang memasok obat sirup tersebut.

"Untuk saksi dari Afi Pharma kita baru periksa 28 orang. Nanti kan kita juga harus meminta penjelasan klarifikasi dari Kemenkes, BPOM. Kita juga berkembang ke importir," terangnya.

Sebagai informasi, sebelumnya Pipit mengatakan, bahwa penyidik gabungan Bareskrim Polri telah melakukan pemeriksaan terhadap Direktur PT Afi Farma.

Perusahaam farmasi itu diduga memproduksi obat sirup dengan kandungan Etilen Glikol dan Dietilen Glikol melebihi ambang batas aman.

Namun, jelas dia, hasil pemeriksaan akan dipaparkan setelah gelar perkara dilakukan oleh penyidik. "(Gelar perkara) Setelah pemeriksaan selesai," ungkapnya.

Tidak Beroperasi

Sebelumnya, Pipit juga menyebut, bahwa PT Afi Farma sudah tidak beroperasi sementara waktu semenjak status perkara dinaikkan ke tahap penyidikan.

"(Kasus naik penyidikan, PT AF sementara tidak beroperasi?) Iya, kalau sekarang sih sementara mereka tidak beroperasi ya, karena kan semua dalam penanganan penyidikan ya," kata Pipit, Kamis (3/11/2022).

Namun, Pipit juga belum bisa memastikan apakah tidak beroperasinya PT Afi Farma termasuk dalam penghentian produksi obat yang tidak dilarang juga atau tidak.

"(Termasuk obat lain yang enggak dilarang?) Ya saya kurang tahu, karena yang menahan untuk bisa berproduksi atau berproduksi kan kami tidak menahan produk yang berproduksi ya," ujarnya.

"Menyita barang-barang yang kita perlukan yang diduga adalah produk-produk itu," pungkas Pipit. poskota.co.id


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.