Header Ads



Pesona Alam Aek Batu, Wisata Huta Sipolha di Danau Toba

Simalungun, Salah Satu Tujuan daerah wisata di Simalungun di pesisir pantai Danau Toba selain Parapat dan Tigaras adalah Pantai Aek Batu di Sipolha dengan keindahan pemandangan perkampugan (Huta), atau suasana pedesan yang masih asri dan alami.

Pantai Aek Batu Sipolha yang di desain sendiri oleh pemiliknya yaitu Ronaldo Damanik SE dan istri Andriany Sidabutar dengan sangat profesional.

Pesona Alam Aek Batu, Wisata Huta Sipolha di Danau Toba

Dulunya orang begitu tidak mengenal dimana itu Sipolha,namun sejak dibangunnya Pantai Aek Batu yang begitu indah mempesona,asri dan nyaman.

Sipolha menjadi salah satu tujuan utama bagi pelaku wisata lokal dari wilayah Siantar Simalungun, bahkan wisatan datang dari Medan sekitarnya.

Pantai Aek Batu berada di Kelurahan Sipolha kecamatan Pamatang Sidamanik kabupaten Simalugun Sumatera Utara.

Pemilik Pantai Aek Batu adalah putra asli Sipolha yang tinggal di kota Pematang Siantar.

Kepada Lintas Publik, Ronaldo Damanik mengakui sebagai putra daerah Sipolha merasa terpanggil dan rasa tanggung jawab turut serta membangun Sipolha di bidang parawisata.

Pantai yang indah dan asri ini sejak di resmikan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH pada tanggal 3 Juli tahun 2022 lalu kini semakin banyak di kunjungi para wisata lokal.

Pantai Aek Batu Sipolha difasilitasi dengan areal parkir yang sangat luas dan aman,Joglo untuk Enam orang dengan tarif RP.30.000/ hari,Joglo untuk kapasitas 10 orang dengan tarif Rp.50.000/ hari.

Ditempat ini ada juga Aula untuk acara acara resmi seperti Arisan, Buka Tutup Tahun marga (Pesta Bona Taonan), Natalan, Ulang Tahun dengan kapasitas 100 orang duduk/kursi dengan Booking Rp.1.000.000 perhari untuk 100 Orang,bebas parkir dan mancing di Pantai.

Bagi para tamu tidak perlu pusing dengan retribusi masuk karena di hitung dari kendaraan.Untuk roda Dua,Satu hari cukup bayar parkir saja Rp.10.000 bebas mancing di Danau Toba.

Untuk roda Empat hanya Rp.25.000/hari bebas mancing dan untuk minibus roda enam ke atas hanya Rp.50.000 / hari.

Wisatawan Menikmati Alam Danau Toba di Pantai Aek Batu Sipolha. 

Tamu tidak dilarang bawa makanan dari luar tetapi tetap menjaga kebersihan setempat. Di Pantai Aek Batu Sipolha diperbolehkan juga panggang memanggang ikan maupun daging yang khas Nasional.

 Pantai Aek Batu Sipolha mudah di jangkau dari segala arah. Dari Siantar sekitar lebih kurang 50 Km melewati perkebunan Teh Sidamanik dengan akses jalan yang sangat mulus.

Dari Parapat sekitar 13 Km menuju Simarjarunjung. Dari Siantar tersedia juga Angkot Simarjarunjung jurusan dari  dan ke Siantar -Sipolha Pulang Pergi setiap hari.

Bagi yang ingin berwisata atau mengadakan acara resmi keluarga dan kantor harus terlebih dahulu membooking tempat kepada petugas yang ada disana.

"Air Pantai Aek Batu Sipolha di jamin jernih dan tenang bagi para tamu yang ingin mandi dan berenang. Di Pantai Aek Batu Sipolha tersedia Kuliner lokal dan berbagai macam minuman hangat, dan makanan khas Nasional,"kata Ronal Damanik, mengakhiri bincang-bincang wisata pada Jumat (11/11/2022) di Pantai Pantai Aek batu Sipolha kabupaten Simalungun, Propinsi Sumatera Utara. 

Informasi ditempat wisata Aek Batu Sipolha ini, selain keindahan Danau Toba pengunjung maupun wisatawan dapat melihat kehidupan masyarakat di huta Sipolha yang penuh ramah, kehidupan pertanian, perikanan maupun kehidupan yang kental akan tradisional Simalungun. Belum lagi bagaimana keindahan Perairan danau Toba ketika senja hari, Sunset (Matahari terbenam) keindahan Danau Toba terpancar penuh keindahannya.

Anda tertarik mengunjungi wisata Pantai Aek Batu, Ayo ke Sipolha!.  tham/tag


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.