Header Ads



Hari Pahlawanke-77, Walikota Siantar Ajak Veteran Naik Becak BSA

Siantar, Peringatan Hari Pahlawan di Kota Pematang Siantar dimeriahkan dengan parade Becak BSA dari Lapangan H Adam Malik menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Nagur di Jalan Sangnaualuh Damanik, Kamis (10/11/2022). Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA mengajak para veteran untuk naik becak BSA yang telah disediakan.

Hari Pahlawanke-77, Walikota Siantar Ajak Veteran Naik Becak BSA

Sebelumnya, Wali Kota Susanti memimpin upacara bendera peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 Tingkat Kota Pematang Siantar, di Lapangan H Adam Malik. 

Upacara dihadiri Unsur Forkopimda Kota Pematang Siantar, di antaranya Kapolres Pematang Siantar AKBP Fernando SH SIK, Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossi SIP,  Ketua DPRD Kota Pematang Siantar Timbul Marganda Lingga SH, Kajari Kota Pematang Siantar Jurist Precisely Sitepu SH MH, Danyon 122/Tombak Sakti, Ketua Dekranasda Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting, Sekda Kota Pematang Siantar Budi Utari Siregar AP, para pimpinan OPD, pegawai Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar, TNI, Polri, OKP,  mahasiswa, dan pelajar. 

Upacara berlangsung khidmat dan tertib. Saat pengibaran bendera merah putih diiringi lagu Indonesia Raya, seluruh kendaraan yang melintas di seputaran Lapangan H Adam Malik diberhentikan hingga bendera merah putih selesai dikibarkan. Hal tersebut sebagai bentuk penghormatan terhadap bendera merah putih dan jasa para pahlawan yang telah gugur untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dalam amanatnya yang dibacakan Wali Kota Susanti mengajak untuk menjadikan momentum peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, dan saling menghargai satu sama lain. 

 

"Peringatan Hari Pahlawan tahun ini bertema Pahlawanku Teladanku.  Dengan semangat Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. Janganlah kita mau dipecah- belah," katanya.

Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan, lanjutnya, dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar, dan seterusnya.

"Jadikanlah semangat dan nilai–nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama. Bersama kita kenang dan hormati perjuangan para pahlawan. Bersama kita bangun ingatan kolektif bangsa agar dapat implementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan. Bersama kita perkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang merupakan amanat pahlawan bangsa," sebutnya.

Peringatan Hari Pahlawan di Kota Pematang Siantar dimeriahkan penampilan marching band siswa-siswi SMA Negeri 4, drama perjuangan dari SMP Negeri 4, tari-tarian berbagai adat oleh pelajar SMP Negeri 1, puisi dari SMP Negeri 11, serta dilanjutkan berziarah ke TMP Nagur dengan melakukan parade Becak BSA.

Di TMP Nagur, Ziarah Nasional Pahlawan dipimpin Kapolres Pematang Siantar AKBP Fernando SIK. Sedangkan Komandan Upacara Danramil 01/Siantar Utara Kapten Inf Prawoto. rel/tag/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.