Header Ads



Banyak Orang Batak Buka Usaha Tambal Ban, Ini Sebabnya

 Jakarta, Banyak orang batak buka usaha tambal ban di sejumlah daerah. Kehadiran mereka tentu sangat membantu pengendara motor dan mobil yang bannya bocor.

Ilustrasi Tambal ban

Batak merupakan salah satu suku terbesar di Indonesia. Keberadaannya tidak hanya ditemukan di Sumatera Utara (Sumut) tetapi juga di seluruh provinsi Indonesia.

Dikutip dari situs pertukaran pengetahun Quora yang dibagikan akun Basri W Pakpahan menjelaskan alasan kenapa banyak orang Batak yang membuka usaha tambal ban.

Basri mengatakan, tulisannya itu merupakan hasil wawancara dengan wiraswasta yang bergerak di sektor tambal ban di daerah Ibu Kota Bandar Lampung.

Hasil wawancara itu digunakan sebagian syarat  UAS Perencanaan dan Pengembangan Bisnis. Dalam hasil wawancaranya, disimpulkan jika orang Batak itu pekerja keras.

Orang batak juga ingin jadi tuan bagi dirinya. Sehingga mereka jarang ada yang bekerja dengan orang lain dan memilih membuka usaha. Lalu kenapa dengan orang Batak buka usaha tambal ban?

Tambal ban menjadi bisnis sederhana dengan penghasilan lumayan. Bahkan, pekerjaan ini tidak dibutuhkan banyak keahlian. Pemilihan usaha tambal ban cukup rasional bagi orang Batak yang merantau tetapi tidak banyak keahlian.

Di kota-kota banyak pekerja yang mengedari sepeda motor hingga mobil. Hal ini tentu menjadi peluang bagi orang Batak. Sejauh ini pun bisnis ini tetap hidup di perkotaan bahkan bisa menghidupi keluarga.

Namun, seiring banyaknya pemasukan, biasanya bisnis tambal ban akan berinovasi dengan menambah layanan bengkel. Tak jarang juga beberapa bengkel motor awalnya dari bisnis tambal ban. iNews.id/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.