Header Ads



Bangkitkan Usaha Lokal, Dinas Koperasi Siantar Gelar Gebyar UMKM 24 - 26 November 2022

Siantar, Usaha lokal di kota Pematang Siantar perkembangan cukup pesat, namun untuk mendorong kemajuan dan peningkatan usahanya, dibutuhkan promosi. Melalui promosilah  kualitas dan perkembangan usaha lokal itu dapat terus bertahan, dan semakin berkembang dalam persaingan dunia usaha.

Demikian hal ini dikatakan  Herbet Aruan, SPd, MH Plt Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Pematang Siantar di ruang kerjanya, Selasa (15/11/22) siang.

Herbert Aruan ketika itu didampingi Dra. Elpiana Turnip Kabid perdagagangan menjelaskan, untuk menindaklanjuti hal itu, Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan akan menggelar Gebyar UMKM.

Herbet Aruan, SPd, MH Plt Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Pematang Siantar

Gebyar UMKM ini akan berlangsung pada 24 sampai 26 November 2022 bertempat di Lapangan Haji Adam Malik kota Pematang Siantar.

 "Kegiatan ini dilakukan untuk memulihkan dan membangkitkan ekonomi demi menekan angka inflasi. Gebyar UMKM ini akan kita lakukan sejalan dengan visi dan misi Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani untuk meningkatkan dan mengembangkan UMKM di kota Pematang Siantar," jelas Herbet aruan, bahwa  Gebyar UMKM akan diikuti Lebih 50 usaha kecil dan menengah.

Untuk menyemarakan kegiatan gebyar UMKM pihak Dinas koperasi sudah mengandeng beberapa lembaga, baik pemerintah, swasta dan usaha mandiri (perorangan).

“Kami akan mengandeng beberapa pengusaha UMKB, demikian juga UMKM Indonesia Bersinar, Perbankan, BUMN, Dekranasda, dan UMKM binaan-binaan kecamatan,” ungkapnya.

Herbet Aruan juga menjelaskan, adapun pelaku usaha yang sudah terdata akan ambil bagian dalam Gebyar UMKM ini memiliki usaha  kerajinan Ulos, kerajinan makanan, minuman, dan usaha seni kreatif lainnya.

"Melalui kecamatan sudah kami lakukan sosialisasi, bagaimana nantinya UMKM ini dapat terbina melalui usaha yang digelutinya, jadi model atau jenis usahanya sudah dapat kita data,  dimana dan apa saja yang menjadi andalan setiap kecamatan,"kata Herbet menambahkan, bahwa setiap kecamatan nantinya sudah memiliki produk atau jenis usaha andalannya.

Kata Herbet Aruan lagi, dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan perputaran uang dari masyarakat di Pematang Siantar, kembali berputar di Kota Pematang Siantar. Inilah salah satu upaya wali kota untuk menekan terjadinya inflasi jangan sampai melambung tinggi.

Selain itu, Herbet menambahkan dalam menyemarakkan Gebyar UMKM, pihaknya juga membuat beberapa perlombaan. Seperti lomba trio, upasa Simalungun atau perlombaan pantun Simalungun, dan lomba mewarnai untuk anak-anak pelajar tingkat TK/PAUD.  tag/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.