Header Ads



Update Kerusuhan Suporter Aremania 127 Orang Meninggal Dunia dan 180 Orang Dirawat di Rumah Sakit

UPDATE Korban Kerusuhan Aremania Sebanyak 127 Orang Meninggal Dunia dan 180 Orang Dirawat di Rumah Sakit.

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) Hentikan Pertandingan Liga 1 Selama Sepekan dan PSSI Lakukan Investigasi terkait kerusuhan Aremania di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur.

Suporter Arema FC, Aremania turun kedalam stadion usai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2022 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022). Aremania meluapkan kekecewaannya dengan turun dan masuk kedalam stadion usai tim kesayangannya kalah melawan Persebaya Surabaya dengan skor 2-3. (SURYA/Purwanto)

Rangkuman kerusuhan paska Arema FC Kalah 2-3 dari Persebaya Surabaya.

1.Awalnya kesebelasan Arema FC kalah 2-3 dari tamunya Persebaya Surabaya.

2.Laga lanjutan BRI Liga I yang digelar Sabtu (1/10/2022) malam di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur.

3.Tidak terima atas kekalahan itu, ribuan pendukung tuan rumah, Aremania, merangsek masuk ke lapangan.

4.Suporter Aremania berlarian ke arah tempat pemain Arema FC dan juga ke tempat pemain Persebaya.

5.Aparat keamanan TNI-Polri berusaha menghalau suporter. Namun kalah jumlah.

6.Para pemain Persebaya langsung meninggalkan lapangan menggunakan empat mobil Polri, barracuda.

7.Sementara beberapa pemain Arema FC yang masih di lapangan lantas diserbu pemain.

8.Kericuhan semakin membesar di mana sejumlah flare dilemparkan termasuk benda-benda lainnya.

9.Petugas keamanan gabungan dari TNI dan kepolisian tetap berusaha menghalau para suporter tersebut.

10.Kemudian, muncul kobaran api pada sejumlah titik di dalam stadion.

11 Dua unit mobil polisi yang salah satunya adalah mobil K9 langsung dibakar.

12.Satu mobil lainnya rusak parah dengan kaca pecah dan dalam posisi miring di bagian selatan tribun VIP.

13.Jumlah petugas keamanan tidak sebanding dengan jumlah ribuan suporter Arema FC.

 

14.Petugas kemanan kemudian menembakkan gas air mata untuk menghalau suporter.

15.Diduga tembakan gas air mata itu membuat suporter pingsan dan sulit  bernafas.

16.Banyaknya suporter pingsan hingga membuat suasa menjadi panik di area stadion.

17.Jumlah tenaga medis yang disiagakan di Stadion Kanjuruhan tidak sebanding dengan banyaknya suporter.

18.Selain panik, banyak suporet terinjak-injak saat berusaha meninggalkan tribun stadion.

19.Berdasarkan laporan jurnalis Kompas.com, mobil polisi menjadi sasaran amukan massa, dirusak, dan dibakar.

20 Kerusuhan terjadi hingga ke luar stadion.

21.Pada Minggu (2/10/2022) pagi pukul 05.00 WIB, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta melakukan Konfrensi Pers terkait tragedi di stadion Kanjuruhan di Polres Malang.

22.Dalam kejadian tersebut telah meninggal 127 orang, dua di antaranya anggota polri.

23.Yang meninggal di stadion sebanyak 34 orang. Kemudian 13 mobil rusak, 10 di antaranya mobil dinas polri dan selebihnya mobil pribadi. Sedangkan sebanyak 180 orang masih proses perawatan di rumah sakit.

24.”Jumlah penonton sebanyak 40 ribu orang dan tidak semuanya kecewa. Hanya sekitar 3 ribuan yang turun ke lapangan dan bikin rusuh,” kata Irjen Nico.

25.Melalui akun twitter, PSSI mengecam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan tersebut. Kecaman itu dikeluarkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Yunus Nusi dalam rilisnya Minggu (2/10/2022) dini hari.

26.Dalam rilis tersebut Yunus Nusi memastikan panitia pertandingan (panpel) Arema FC akan mendapat sanksi keras jika kerusuhan itu terbukti di dalam lapangan. Selain sanksi denda, PSSI juga mengancam Singo Edan tidak bisa menjadi tuan rumah dalam beberapa pertandingan. “PSSI sangat mengecam kerusuhan ini. Namun, sekali lagi kami belum bisa menyimpulkan apa-apa,” kata Yunus Nusi.

27.Guna memastikan data dan fakta mengenai kerushan di Kanjurugan PSSI menerjunkan tim investigasi ke lapangan. “Tetapi, sanksi keras akan menimpa Arema jika semuanya terbukti. Tim investigasi PSSI akan segera bertolak ke Malang,” kata Yunus.

28.Ketua Komite Disiplin (Komdis) PSSI, Irjen Pol (Purn) Erwin Tobing belum bisa memastikan berapa korban yang meninggal atau terluka dalam insiden ini. Namun, jika ada korban yang meninggal itu sudah menjadi ranah pidana dan akan ditindaklanjuti oleh kepolisian. “Kita dukung aparat Kepolisian untuk menindaklanjuti insiden ini. Siapapun yang salah harus dihukum,” kata Erwin Tobing dilansir dari laman resmi PSSI, Minggu (2/10/2022).

29.Erwin Tobing juga sangat menyesalkan kericuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan. Dia pun menyebut jika Komdis sudah mulai mempertimbangkan hukuman berat untuk Arema. “Setelah mendapat laporan dari PT Liga Indonesia Baru, kami segera menyidangkan kasus ini. Arema bisa jadi dalam sisa pertandingan kompetisi Liga 1 musim ini tidak diperkenankan menjadi tuan rumah. Selain itu sanksi lainnya juga menanti,” jelasnya.

 

30.PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) telah mengambil keputusan atas kericuhan ini. Dilansir dari laman resminya, PT LIB mengatakan Liga 1 2022-2023 akan dihentikan selama sepekan ke depan.

Daftar Susunan Pemain Arema FC vs Persebaya Surabaya

Arema FC: 90-Adilson Maringa (PG), 24-Andik Rendika Rama, 5-Bagas Ado, 4-Sergio Silva, 41-Dendy Santoso (Kapten), 18-Adam Alis, 6-Evan Dimas, 12-Rizky Dwi, 14-Jayus Hariono, 29-Abel Issa Camara, 21-Arkhan Fikri

Cadangan: 23-Teguh Amiruddin (PG), 15-Hasim Kipuw, 87-Johan Alfarizi, 88-Irsyad Maulana, 27-Dedik Setiawan, 11-Gian Zola, 30-Ilham Udin, 8-Renshi Yamaguchi, 10-Muhammad Rafli, 22-Hanis Sagara

Pelatih: Javier Roca

Persebaya Surabaya: 86-Satria Tama (PG), 4-Leo Lelis, 23-Rizky Ridho, 10-Higor Vidal, 96-Muhammad Hidayat, 88-Muhammad Alwi Slamat (Kapten), 33-Koko Ari, 94-Silvio Junior, 14-Sho Yamamoto, 37-Alta Ballah, 7-Marselino Ferdinan

Cadangan: 52-Andhika Ramadhani (PG), 30-Michael Rumere, 45-Brayen Pondaag, 42-Arief Catur Pamungkas, 5-Dandi Maulana, 47-Arizky Wahyu, 29-Julian Mancini, 24-Salman Alfarid, 90-Januar Eka, 8-Andre Oktaviansyah

Pelatih: Aji Santoso (tribunnews.com/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.