Header Ads



UMPASA di Launching Pemkab Simalungun Pada Promosi Pasar Tani

Simalungun, Dipusatkan di Stadion Mini Jln Asahan Km VII Kecamatan Siantar, Sumut, Pemerintah Kabupaten Simalungun bekerjasama dengan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) menggelar Promosi Pasar Tani selama 3 hari dimulai 19 s/d 21 Oktober 2022.

UMPASA di Launching Pemkab Simalungun Pada Promosi  Pasar Tani 

Berbagai kegiatan akan di gelar di acara tersebut, seperti pemberian bantuan penyerahan bibit cabai kepada TP PKK Kabupaten Simalungun, penyerahan benih/calon indukan kepada kelompok tani Budidaya perikanan, penyerahan CSR PTPN IV dan penyerahan gerobak untuk usaha  kepada pelaku UMKM.

Kemudian penyerahan 2 unit Armoll truk dan 4 unit motor sampah tiga roda, penyerahan sarana dan prasarana kepada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), penyerahan 3 unit Combine Hervester kepada kelompok tani dan penyerahan program cadangan pangan kepada 12 Nagori rawan pangan.

Selain penyerahan bantuan kepada kelompok tani dan UMKM, di kegiatan Promosi pasar tani tersebut juga dilakukan launching aplikasi Usia Muda Produktif Aktif Sehat Simalungun (UMPASA).

Ada juga gelar pasar murah yang menyediakan 1 Kg Gula Pasir, 1 Ltr Minyak Makan dan tepung roti 1 kg yang dikemas dalam paket dengan harga Rp 28.000 per paket. Pasar murah ini menyediakan 1600 paket sembako. Bagi masyarakat untuk mendapatkan paket sembako ini harus syarat membawa fotocopy KK dan KTP.

 

Selanjutnya sosialisasi Inseminasi Buatan  (IB) Ternak Sapi Unggul, pelayanan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil, vaksinasi booster dan vaksinasi BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) dan juga penampilan stand pameran yang diisi antara lain berbagai produksi pertanian Simalungun, UMKM, Saprodi pertanian serta dari perbankan.

Selama berlangsung promosi pasar tani dilaksankan juga Talk Show dengan tema "Mengatasi Keterbatasan Pupuk Bersubsidi dlm peningkatan kesejahteraan Petani" dengan kegiatan sosialisasi kebijakan pupuk bersubsidi sesuai Permentan No 10 Tahun 2022, Konsep dan Implementasi Pertanian Organik, Petani berpengalaman membuat pupuk organik, peran perguruan tinggi dan desiminasi pertanian organik serta KUR Bank Sumut.

Disamping itu juga dilaksankan gelar temu teknologi dengan kegiatan penanganan lalat buah dengan dengan pengendalian hayati dan kimiawi, Teknik budidaya Ubi Kayu berproduksi tinggi dengan sistem tempel.

Dari jadwal kegiatan yang di siapkan  selama acara promosi pasar tani berlangsung, juga dilaksanakan berbagai perlombaan seperti lomba kontes buah terbaik se-Kabupaten Simalungun, Penilaian stand pameran, penampilan musik daerah Kabupaten Simalungun, lomba mewarnai tingkat SD Kelas 1-3, lomba menggambar tingkat SD kelas 4-6, lomba pantun dengan tema Cintai pertanian (bahasa Indonesia dan Bahasa Simalungun). Bagi para pemenang lomba akan diberikan piala, sertifikat dan dana pembinaan. rel/tag/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.