Header Ads



Ilmu Untuk Para Petani di Promosi Pasar Tani Kabupaten Simalungun Tahun 2022

Simalungun, Di hari kedua pelaksanaan kegiatan pasar tani Kabupaten Simalungun yang dipusatkan di Stadion Mini Jln Asahan Km 7 Nagori Lestari Indah Kecamatan Siantar, Sumut dilaksankan gelar temu teknologi dan Penilaian Stand Pameran, Kamis (20/10/2022).

Ilmu Untuk Para Petani di Promosi Pasar Tani Kabupaten Simalungun Tahun 2022

Dalam kegiatan temu teknologi ini para petani yang tergabung dalam Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) diberikan kesempatan untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasn dalam meningkatkan produksi pertaniannya.

Temu teknologi ini diisi dengan kegiatan sosialisasi Program Gratik (Gerakan Eksport Tiga Kali) yang dilakukan oleh Balai Besar Karantina Belawan (BBKB).

Dari BBKB menjelaskan kepada petani tentang bagaimana meningkatkan kualitas produksi pertanian di Simalungun termasuk dalam pemasarannya.

 

Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi Penanganan lalat dan buah dengan pengendalian hayati dan kimiawi yang disampaikan oleh Nara sumber dari Agro Agriculture, Jinsono Purba.

Dalam kesempatan itu Jinsono menjelaskan teknik-teknik penyemprotan hama dengan insektisida dan dengan cara hayati yang baik dan bijaksana. 

"Sering kita lakukan penanganan hama.penyakit tanaman tapi salah sasaran. Kita harus menggunakan teknik  menyemprot hama diantaranya gunakan takaran dan dosis yang tepat,"kata Jinsono.

Selain itu di lokasi kegiatan promosi pasar tani, juga dilaksanakan sosialisasi tentang Pembuatan bio saka yang disampaikan oleh Badan Penyuluh Pertanian kecamatan Jorlang Hataran.

Kegiatan berikutnya dilaksankana sosialisasi teknik budidaya ubi kayu berproduksi tinggi dengan sistem tempel dan Sosialisasi Inseminasi Buatan (IB) ternak sapi.

Dari lokasi sosialisasi itu terlihat para petani yang tergabung dalam KTNA Simalungun sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi itu untuk menambah pengetahuan dalam peningkatan produksi pertanian mereka sekaligus dalam pemasarannya. rel/tag/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.