Header Ads



TERUNGKAP Awal Perselingkuhan Anita Manullang-Hinsa Sianturi, 4 Kali Hubungan Intim dan Bunuh Sinaga

HUMBAHAS – Pihak Satreskrim Polres Humbang Hasundutan menangkap pembunuh Harlen Sinaga (48), yang ditemukan tewas di kubangan sawah di Kecamatan Doloksanggul, Kabupaten Humbahas. Adapun pelakunya tak lain istri korban, Anita br Manulang (46) dan selingkuhannya Hinsa Sianturi (50).

Anita Manullang, mendiang Harlen Sinaga dan Hissa Sianturi (HO)

Polisi mengungkap motif pembunuhan Harlen Sinaga ialah 'Cinta Terlarang' antara Anita br Manulang dengan selingkuhannya, Hinsa Sianturi.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Tribun Medan, Anita Manullang dan Hinsa Sianturi bertemu di bus yang dikendarai oleh Hinsa Sianturi.

Perjalanan dari Doloksanggul hingga ke Pematangsiantar membuat keduanya saling menaruh hati.

Bahkan, pertemuan di bus tersebut tidak cukup. Keduanya kembali bertemu di terminal Doloksanggul beberapa waktu setelahnya. Diperkirakan setelah dua minggu, keduanya bertemu hingga rasa sayang semakin bertumbuh.

“Mereka berdua bertemu pertamakali saat ingin berpesta ke Pematangsiantar. Hinsa Sianturi ini kan seorang sopir sementara Anita Manullang adalah rombongan pesta. Dari sanalah mereka berkenalan dan pertemuan itu berlanjut,” ujar informan Tribun Medan, Jumat (16/9/2022).

Keduanya juga dikisahkan telah berhubungan badan sekitar empat kali. Mereka juga harus pergi ke kabupaten lain hanya untuk bertemu dan berhubungan badan.

 

“Setelah dua minggu, mereka kembali bertemu di terminal yang ada di Doloksanggul. Mereka juga selalu bertemu di luar sehingga tidak ada kecurigaan anak-anaknya dan keluarga. Termasuk, Anita ini menguji keberanian Hinsa Sianturi membunuh Harlen Sinaga agar rencana mereka menikah langgeng,” sambungnya,.

“Tiga bulan mereka berkenalan hingga terjadi pembunuhan sadis tersebut. Keduanya sekarang sudah ditangkap,” terangnya.

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres Humbahas AKP Master Purba menyebut keduanya merencanakan pembunuhan sejak 26 Agustus lalu untuk membunuh Harlen atas permintaan Anita br Manulang.

"Dari hasil pendalaman terungkap pelaku Anita br Manulang yang bersepakat dan menyuruh pelaku utama Hinsa melakukan pembunuhan terhadap korban di perladangan yang telah mereka rencanakan,"kata Kasat Reskrim Polres Humbahas, AKP Master Purba, Kamis (15/9/2022).

Berdasarkan keterangan saksi dan hasil pemeriksaan handphone, antara Hinsa dan Anita telah terjadi perselingkuhan.

Pelaku Hinsa pun berencana menikahi Anita setelah Harlen Sinaga, suami Anita tewas.

"Berkeinginan untuk membunuh korban dengan alasan tersangka Hinsa Sianturi akan menikahi tersangka Anita Br Manulang,"katanya.

 

Akibat kejadian ini korban mengalami sejumlah luka di kepalanya diduga dipukul menggunakan balok kayu sebanyak tujuh kali.

Pelaku pun mengaku sudah menjalin hubungan gelap dengan istri korban selama tiga bulan.

Akibat perbuatannya para tersangka terancam hukuman mati setelah dijerat Pasal 340 KHUP.

"Atas perbuatannya pelaku dikenakan Pasal 340 subsider 338 untuk HS, sedangkan untuk AM dikenakan pasal 340 subsider 338 junto 55 ikut serta dan menyuruh dengan ancaman hukuman maksimal hukuman mati, penjara seumur hidup atau penjara minimal 20 tahun.

Sudah 4 Kali Berhubungan Badan

Dari berbagai informasi, Tribun Medan mendapatkan informasi bahwa, otak dan pelaku pembunuhan, Anita Manullang dan Hinsa Sianturi sudah melakukan hubungan badan sebanyak 4 kali.

Seorang istri di Kabupaten Humbang Hasundutan, Anita br Manulang (46) nekat menjadi otak pembunuhan suaminya sendiri karena hendak kawin lagi dengan selingkuhannya Hinsa Sianturi.

Kini, keduanya pun ditangkap Polres Humbahas setelah membunuh Harlen Sinaga (48), yang ditemukan tewas di kubangan Desa Sampean, Kecamatan Dolok Sanggul, pada Minggu (28/8/2022)
 lalu.

“Kalau soal hubungan otak dan pelaku pembunuhan itu sangat dekat. Makanya, mereka sama- sama berniat mau kawin lari. Mereka itu sudah melakukan hubungan badan sekitar 4 kali. Bahkan, mereka selalu bertemu di luar, termasuk pergi ke hotel di luar Kabupaten Humbang Hasundutan,” ujar informan Tribun Medan, Jumat (16/9/2022).


Sosok Korban Dikenal Pekerja Keras

Selanjutnya, diceritakan bahwa korban Harlen Sinaga adalah sosok pekerja keras. Bahkan, keempat anak korban dapat mengecap pendidikan hingga mendapatkan pekerjaan berkat kerjakerasnya sebagai seorang ayah. Diyakini, keempat anaknya tak bakal berniat menjumpai ibunya, Anita Manullang setelah mengetahui perbuatan keji tersebut.

“Pihak keluarga kayaknya enggak mau ketemu lagi sama ibunya. Anaknya udah ada yang kerja, keempat anaknya benar-benar benci sama ibunya,” terangnya.

“Ketemunya pas di luar, pernah nginap di hotel yang ada di Dairi. Harlen Sinaga, termasuk pekerja keras dan berladang makanya anak-anaknya bisa sekolah,” sambungnya.

Perjumpaan awal Anita Manullang dan Hinsa Sianturi di sebuah bus yang pada saat itu dikendarai oleh Hinsa Sianturi untuk acara pesta di kawasan Pematangsiantar. Kini, istri Hinsa Sianturi sedang tidak berada di Kabupaten Humbang Hasundutan.

 

Sebelumnya, Anita Manullang juga telah menyampaikan pengakuan saat pihak Polres Humbahas gelar konferensi pers beberapa waktu lalu.

Dalam pengakuannya, Anita Manullang menyampaikan bahwa dirinya pernah diajak pelaku pembunuhan tersebut kawin lari. Namun, ia masih berpikir-pikir.

“Sudah ada niatnya waktu itu, sudah diajaknya aku kawin lari, tapi aku bilang aku pikir dulu,” ujar Anita Manullang pada sebuah video yang diperoleh tribun-medan.com, Jumat (16/9/2022).

Sebelum pembunuhan suaminya, rasa kesal sudah memuncak kepada korban dengan alasan ekonomi.

“Karena masalah ekonomilah dengan suami saya,” terangnya.

Ia juga menjelaskan pekerjaan sehari-hari calon suami barunya Hinsa Sianturi. Niat menikah sudah bulat manakala kasus pembunuhan tidak terungkap.

“Dia (pelaku pembunuhan) itu seorang sopir, bertemu di mobil yang ia bawa sendiri,” terangnya.

“Suami saya seorang petani dan anak ada empat,” pungkasnya.

Anita Manullang Sebut Ada Masalah Ekonomi di Rumah Tangga

Sebelum pembunuhan suaminya, rasa kesal Anita Manullang sudah memuncak kepada korban dengan alasan ekonomi.

“Karena masalah ekonomilah dengan suami saya,” terangnya.

Ia juga menjelaskan pekerjaan sehari-hari calon suami barunya Hinsa Sianturi. Niat menikah sudah bulat manakala kasus pembunuhan tidak terungkap.

Selanjutnya, Kapolres Humbahas AKBP Achmad Muhaimin mengatakan, pembunuhan Harlen Sinaga sudah direncanakan oleh istri dan selingkuhannya pada 26 Agustus lalu.

Kepada penyidik, istri korban mengaku nekat merencanakan pembunuhan terhadap suaminya merasa tersinggung saat pertemuan keluarga, pada 20 Agustus 2022 lalu.

 

Selain itu, motif perselingkuhan dan rasa sayang Anita ke pelaku Hinsa menjadi pemicu kuat pembunuhan.

Sementara motif lain pembunuhan tersebut akibat masalah ekonomi keluarga.

"Dan muncul lah niat membunuh ditambah rasa sayang dengan pelaku HS dan mereka berencana kawin lagi," terang Achmad.

Anita Manullang Berakting bak Pemain Sinetron

Polisi membeberkan, Anita br Manulang, istri yang tega merencanakan pembunuhan terhadap suaminya sendiri di Humbahas berakting seperti pemain sinetron.

Sebelum mayat suaminya, Harlen Sinaga Sinaga ditemukan pada 28 Agustus di kubangan air sekitar pukul 17:00 WIB, ia berpura-pura mencari keberadaan sang suami.

Bahkan ia sempat memanggil keluarga dan warga untuk sama-sama mencari Herlan yang hilang di ladang.

Sampai akhirnya Anita datang ke kubangan lokasi dibuangnya mayat Harlen karena beralasan menemukan jejak suaminya.

Sesampainya di kubangan, ia pun menyuruh abangnya nyemplung ke kubangan dan akhirnya menemukan jasad Harlen penuh luka.

Anita dikabari selingkuhannya suaminya sudah tewas

Kasat Reskrim Polres Humbahas AKP Master Purba mengatakan, saat kejadian istri korban berpura-pura tak tahu suaminya sudah tewas dibunuh atas rencananya dan dieksekusi oleh pria selingkuhannya, Hinsa Sianturi.

Padahal, setelah korban dibunuh, pelaku yang merupakan kekasih gelap istri korban sudah menghubungi dan mengabarkan ia berhasil membunuh Harlan dan membuangnya ke kubangan.

"Dia sudah mengetahui suaminya itu dibunuh selingkuhannya. Karena sekitar pukul 15:00 WIB pelaku menelepon 'Sudah kubunuh suamimu dan sudah kumasukkan ke kolam'," kata Kasat Reskrim Polres Humbahas AKP Master Purba menirukan perkataan salah satu pelaku, Kamis (15/9/202).

Tak cuma berakting tak tahu suaminya tewas. Anita br Manulang juga berpura-pura sedih.

Anita disebut menangis meraung-raung begitu melihat jenazah suaminya terbujur kaku di dalam kolam.

"Jadi dia akting pura-pura menangis-nangis juga,"ucapnya.

 

AKP Master Purba mengatakan, pembunuhan korban dilakukan Hinsa Sianturi sekitar pukul 11:00 WIB atas rencana istri korban, Anita br Manulang sejak 26 Agustus lalu.

Sebelum dibunuh korban sudah lebih dulu berada di kebun diantar keponakannya.

Polisi menyebut para pelaku ditangkap 13 hari setelah kejadian atau 10 September 2022.

Pelaku yang ditangkap pertama kali ialah Hinsa Sianturi kemudian menyusul istri korban, Anita br Manulang.

Sementara otak pembunuhan itu ialah Anita br Manulang, merupakan istri korban.

Kedua pelaku sudah menjalin hubungan gelap selama tiga bulan sebelum akhirnya berniat kawin namun setelah suaminya itu tewas.

Keduanya kini telah ditahan di Mapolres Humbahas dan terancam hukuman mati setelah dijerat Pasal 340 KHUP.

"Atas perbuatannya pelaku dikenakan Pasal 340 subsider 338 untuk HS sedangkan untuk AM dikenakan pasal 340 subsider 338 junto 55 ikut serta dan menyuruh dengan ancaman hukuman maksimal hukuman mati, penjara seumur hidup atau penjara minimal 20 tahun," tutupnya.Tribun Medan/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.