Header Ads



Bupati Simalungun Tandatangani Revitalisasi Pemugaran Makam Djabanten Damanik

SIMALUNGUN,  Prosesi peresmian revitalisasi makam mantan Bupati Simalungun era tahun 90 an Dr.Drs St. Djabanten Damanik dilakukan oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH, MH pada Senin tanggal 5 September 2022 di Huta Bolon Kelurahan Sipolha kecamatan Pamatang Sidamanik, Simalungun. 

Bupati Simalungun Tandatangani Revitalisasi Pemugaran Makam Djabanten Damanik

Acara dimulai pukul 11.WIB yang didahului dengan penandatanganan prasasti, pengguntingan pita di pintu masuk makan dan dilanjutkan dengan Ziarah penaburan bunga di makam Djabanten Damanik dan istri boru Ritonga didampingi Wakil Bupati Simalungun H.Jhony Waldi nai dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah( OPD) Simalungun. 

Acara di lanjutkan dengan penyambutan Bupati dan rombongan dengan tari tarian budaya Simalungun oleh para murid SD dan SMP yang ada di Kelurahan Sipolha. Acara Kebaktian di mulai sesudah Bupati dan rombongan di persilahkan duduk di tempat masing masing. Pendeta Saragih Pendeta Resort GKPS 1903 Raya tampil sebagai pengkotbah di dampingi para Ketua Majelis GKPS dan HKBP Sipolha. 

Dalam sambutannya Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH, MH menyampaikan rasa tarimakasih kepada Panitia Pemugaran dan Revitalisasi makam mantan Bupati Simalungun Dr,Drs Djabanten Damanik yang menjabat Dua periode Bupati Simalungun. RHS menyampaikan hal terpenting makna dan nilai perjuangan Djabanten Damanik di negeri ini khususnya di Kabupaten Simalungun. 

" Saya sangat bangga kepada senior saya bapak mantan bupati kita ini, dia adalah salah seorang pejuang di Irian Barat ketika beliau menjadi Lurah dan Camat disana, kemudian menjadi Walikota Siantar, Sekretaris daerah dan Bupati Simalungun. Beliau adalah pejuang otonomi daerah di negeri ini. Mari kita menghormati para Pahlawan dan pemimpin kita, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghormati dan menghargai jasa Pahlawan dan pemimpinnya".Tegas bupati. 

Bupati juga menambahkan bahwa Sipolha adalah aset Simalungun yang harus dibangun bidang kepariwisataannya karena berada di pinggiran Danau Toba masuk dalam Destinasi Geo Park Dunia dimana khusus pembangunan jalan dari Bage Haranggaol sampai ke Sipolha, pemerintah menganggarkan dana sebesar RP..164 M, yang akan di reallisasikan tahun 2023 nanti. 

Ketua Panitia peresmian makam Djabanten Damanik, Rikkot Damanik dalam sambutannya mengatakan tarimakasih tak terhingga kepada bapak Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga karena sejak RHS lah bupati Simalungun rencana revitalisasi makam Djabanten Damanik bisa terealisasi, krn para bupati sebelum nya hanya sebatas rencana tinggal rencana. 

 

Orang yang menjadi motivator Pemugaran dan renovasi makam Djabanten Damanik adalah Albert Sinaga salah seorang tokoh Sinaga di Simalungun yang berkoordinasi dengan anak Almarhum Djabanten Damanik yaitu Saul Damanik, Jubel Damanik dan Ika Damanik yang langsung disetujui bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dengan mencari para donatur karena biaya renovasi tidak dianggarkan dari APBD Simalungun. 

Menurut ketua panitia pembangunan revitalisasi makam Djabanten Damanik, M Fikri Damanik yang juga Kepala Dinas Pariwisata Simalungum bahwa biaya renovasi ini murni dari donasi para donatur di Simalungun maupun yang ada di luar Simalungun yang mencapai 100 Juta lebih. Fikri menyampaikan rasa Terimakash kepada para pihak yang mendukung dan minta maaf atas segala kekurangan. 

 

Dari keluarga Besar Damanik Sipolha yang menyambut Bupati RHS dan rombongan yaitu putra putri almarhum Djabanten Damanik yang didampingi oleh Hotman Damanik, Jonggi Damanik, Robin Damanik, Ronaldo Damanik, Thamrin Damanik, Rikkot Damanik,dan semua keluarga Damanik lainnya yang tidak dapat di sebut satu persatu serta seluruh masyarakat Sipolha yang juga di hadiri para seluruh kepala sekolah, Kepala Desa dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan ( Forkompimcam) kecamatan Pamatang Sidamanik Kabupaten Simalungun. 

Rombongan Bupati dan wakil Bupati juga di dampingi oleh ketua Lembaga Pemangku Adat Budaya Simalungun Jan Togu Damanik dan beberapa Kepala Dinas diantaranya: Kadis Pariwisata M. Fikri Damanik, Kadis Pendidikan Jekson Silalahi, Kadis Tenaga Kerja Riando Purba, Kadis Perindag Leo Sihaloho, Kadis Koperasi dan UMKM Tambunan, Kepala Satpol PP J Girsang, Kadis PU Hotbinson Damanik, Kadis Badan Penanggulangan Bencana Daerah Ramadhani Damanik, serta staf ahli Bupati bidang Ekonomi dan Kesra Debora Hutasoit. 

Dalam rangkaian acara Keluarga besar Damanik Sipolha memberikan Hiou dan Gotong kepada Bupati serta Hiou Pamonting kepada wakil bupati dan para Kepala Dinas Serta Uspika kecamatan Pamatang Sidamanik. tham/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.