Header Ads



Situmorang Sipitu Ama Kota Siantar Margondang Bolon 28 Agustus 2022, Ini Agendanya

SIANTAR, Untuk meningkatkan cinta budaya batak dan melestarikan adat istiadat batak, keluarga besar Parsadaan Situmorang Sipituama Dohot Boruna (PSSAB) Kota Pematangsiantar Sekitarnya akan menlaksanakan  pesta ulang tahun ke 62 tahun, dan pelantikan pengurus dengan menghadirkan musik tradisional Gondang Sabangunan (Margondang Bolon) yang akan dilaksanakan Minggu, 28 Agustus di Wisma Tama kota Pematangsiantar.

Pengurus Sektor mengambil nomor undian sebagai peserta Margondang Bolon yang akan dilaksnakan 28 Agustus 2022
Hal ini disampaikan  Sangkot Sitohang, MPd Ketua panitia Muscab PSSAB kota Pematangsiantar terpilih, didampingi Apul Situmorang,SPd (Sekretaris),  Monang Nainggolan (bendahara) , dan bagian informasi Tagor Sitohang SH seusai rapat akhir panitia PSSAB di Wisma Tama jalan Sisingamangara kota Pematangsiantar, Rabu (23/8/2022) malam, yang dihadiri seluruh sektor pengurus PSSAB sekota Pematangsiantar..

Sangkot Sitohang juga menjelaskan, kepada seluruh pomparan Situmorang Sipituama yang akan turut dan hadir pada pesta bolon ini diharapkan datang sebelum acara dimulai.

"Acara kita mulai pukul 10 pagi, didahului acara ibadah Minggu. Kami harapkan untuk tertibnya acara peserta datang 30 menit sebelum acara dimulai. Bagi pomparan Situmorang Sipituama yang akan mengikuri acara, kami harapkan membawa ulos masing-masing,"jelas Sangkot Sitohang, bahwa acara dikemas cukup menarik karena kental adat batak, mulai dari pakaian, dan panortoran semua mengambil thema habatakon.

"Yah, ini juga cara kita mengucapkan syukur pada Tuhan, karena kita bisa beraktifitas dengan baik ditengah pandemi yang terus mereda. karena didalam Margondang Bolon nanti mewujudkan rasa syukur Pomparan Situmorang Sipitu Ama kepada Tuhan semesta alam dapat saling menguatkan dalam suka dan duka," ungkapnya.

Rapat 22 Sektor Pengurus Parsadaan Situmorang Sipituama Dohot Boruna (PSSAB) Kota Pematangsiantar
Lestarikan Budaya 

Pada kesempatan itu, Tagor Sitohang selaku bagian informasi dan komunikasi Parsadaan Situmorang Sipituama Dohot Boruna kota Pematangsiantar menyampaikan, bahwa ada 22 sektor pengurus PSSAB Pematangsiantar yang akan ambil bagian dalam pesta ulang tahun dan pelantikan pengurus baru periode tahun 2022 - 2027.

"Ada 22 sektor pengurus Parsadaan Situmorang Sipituama Dohot Boruna kota Pematangsiantar sekitarnya. Untuk menertibkan acara Margondang Bolon nanti (panortoran), seluruh sektor telah dibagi beberapa kelompok (bagian), diharapkan peserta yang turut manortor menghubungi ketua-ketua sektornya masing-masing," kata Tagor Sitohang, bahwa ada 7 kelompok yang telah dibagi sesuai sektor masing-masing.

Untuk memeriahkan acara, Tagor Sitohang juga menjelaskan agar peserta membawa ulos, dan diharapkan juga membawa tali-tali bagi laki-laki, dan sortali bagi kaum ibu.

"Kami harapkan juga jangan lupa membawa tali-tali bagi kaum Ama , dan sortali bagi kaum ina. Karena kita akan melestarikan budaya batak. Baik Ulos sebagai penutup kepala disebut tali-tali, bulang-bulang, atau detar."tutupnya. tag/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.