Header Ads



Humbahas HUT Ke-19, Ini Prestasi yang Dicapai

SIMALUNGUN, Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) ke-19 Tahun 2022, dirayakan dengan sederhana dan penuh hikmad.

Pada ‘hari H’ rangkaian kegiatan, pada tanggal 28 Juli 2022, dilaksanakan paripurna DPRD dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-19 Kabupaten Humbang Hasundutan, di Gedung DPRD Humbang Hasundutan.

Sebelumnya, dilaksanakan senam bersama yang dihadiri Forkopimda Kabupaten Humbang Hasundutan serta diisi dengan pemeriksaan kesehatan dan donor darah.

HUT Humbahas Ke-19 Dirayakan Sederhana dan Hikmad

Pada hari Sabtu, tanggal 30 Juli 2022 akan dilaksanakan Festival Sisingamangaraja, di Objek Wisata Sipincur.

Paripurna DPRD kemarin, dipimpin Ketua DPRD, Ramses Lumbangaol, SH dan dihadiri Pimpinan dan Anggota DPRD, Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE, Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Oloan Paniaran Nababan, SH, MH, Wakil Kapolres Humbang Hasundutan, Kompol D. Pinem, Dandim 0210/ TU yang diwakili Pabung, Mayor inf Ojak Simarmata, Kajari Humbang Hasundutan diwakili Kepala Subbag Pembinaan, Togi Hasibuan, SH, Ketua TP. PKK Ny. Lidya Dosmar Banjarnahor, Ketua DWP Ny. Marista Tonny Sihombing, MIP, Sekda Drs. Tonny Sihombing, MIP, Kepala OPD, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, BUMN/BUMD, LSM dan Insan Pers.

Dalam sambutannya, Dosmar Banjarnahor, SE menyampaikan, dalam suasana penuh kebahagian ini, kita patut bersyukur dan berbahagia karena sejak berdiri Kabupaten Humbang Hasundutan sampai dengan sekarang sudah mengalami perkembangan dan kemajauan yang cukup pesat, baik dibidang pemerintahan, bidang pembangunan maupun di bidang  kemasyarakatan. 

 

Oleh karena itu, memperingati dan merayakan hari ulang tahun yang kita laksanakan setiap tahun adalah  merupakan perwujudan rasa terima kasih yang tulus kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas penyertaan-nya selama 19 tahun perjalanan Kabupaten Humbang Hasundutan sampai dengan saat ini, katanya.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan saya atas nama Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan mengucapkan selamat hari jadi ke-19 Kabupaten Humbang Hasundutan tahun 2022. Kami juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepdaa seluruh elemen masyarakat, atas segala dukungan, pemikiran dan partisipasi baik secara langsung maupun tidak langsung guna mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan.  Kiranya melalui peringatan hari jadi ke-19 ini, seluruh masyarakat Humbang Hasundutan senantiasa bersatu padu dalam melanjutkan program pembangunan  untuk kesejahteraan masyatakat,”ujar Bupati.

Secara khusus, lanjut Bupati, pihaknya menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang tulus kepada Ketua, Wakil Ketua dan segenap anggota DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan yang telah memberikan sumbangsih pemikiran dan berbagai kritikan yang konstruktif kepada pihak eksekutif, sehingga dapat dirasakan manfaat pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan yang dilakukan dari waktu ke waktu.

 

Kami berharap bahwa hubungan harmonis dan kerja sama yang baik antara legislatif dan eksekutif tetap terpelihara untuk masa-masa yang akan datang, tambahnya.

“Demikian juga kepada Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati periode 2003 sampai 2015, kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas  daya juangnya untuk meletakkan pondasi pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, sehingga  semua hal tersebut dapat kita teruskan untuk kemajuan Kabupaten Humbang Hasundutan. Kami juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada bapak dan ibu pemrakarsa atas perjuangannya sehingga  terbentuknya Kabupaten Humbang Hasundutan.

Peringatan Hari jadi Kabupaten Humbang Hasundutan tahun ini, kita mengambil Thema: ‘Tingkatkan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Masyarakat Humbang Hasundutan’. Tema ini hendaknya menginspirasi  semua pihak untuk bersama-sama mengukir dan memaknai  untuk bangkit bersama-sama menggali potensi Sumber Daya Alam yang dimiliki dalam rangka meraih kemajuan  untuk kesejahteraan rakyat melalui  pembangunan di segala aspek kehidupan,”ungkapnya.

 

Kita sadar, bahwa sesungguhnya Kabupaten Humbang Hasundutan sangat potensial pengembangan pertanian. Dengan meningkatkan pengelolaan potensi  yang kita miliki secara profesional dan dengan memaksimalkan kontribusi serta peran serta semua stakeholder yang didukung oleh menajemen pemerintahan dan kepemimpinan yang kuat, maka saya optimis akselerasi laju pembangunan  pada semua sektor dapat kita tingkatkan, kata Bupati lagi.

Peningkatan kapasitas pengelolaan potensi lokal, juga sejalan dengan pelaksanaan Otonomi Daerah yang esensinya mendorong berkembangnya pembangunan daerah sesuai dengan kondisi sosial maupun aspirasi serta potensi masyarakat yang terus berkembang.

Pada kesempatan itu juga, Bupati Dosmar Banjarnahor, juga menyampaikan capaian kinerja yang telah diperoleh oleh Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan  dalam melaksanakan pembangunan antara lain, sebagai berikut :

Opini BPK perwakilan sumatera utara wajar tanpa pengecualian  atau WTP 6 kali berturut turut sejak tahun 2016 sampai tahun 2021 atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah sesuai Standar Akuntasi Pemerintah.

Berdasarkan penilaian Kementerian Pendayagunan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,  memperoleh predikat BB  atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau SAKIP  tiga tahun secara berturut turut   tahun 2019, 2020 dan 2021. Untuk SAKIP tahun 2021 humbang hasundutan menjadi satu-satunya di provinsi sumatera utara yang mendapat nilai SAKIP BB.

Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah  dengan predikat tinggi. Kapabilitas  APIP mencapai level 3, Penghargaan dari  Ombudsmen Republik Indonesia penilaian Kepatuhan Standar Pelyanan Publik dengan  predikat tinggi zona hijau. Penghargaan IGA (Innnonvate Government Award) kategori Innonvate.

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang diiringi dengan bertumbuhnya daya saing perekonomian, meluasnya aksebilitas masyarakat terhadap layanan pendidikan, kesehatan, pertanian dan pariwisata yang berkualitas serta meningkatnya kualitas kehidupan masyarakat secara menyeluruh, Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan terus bekerja keras agar masyarakat Humbang Hasundutan semakin tahun semakin sejahtera.

 

Bupati Humbahas saat menghadiri paripurna DPRD Humbahas dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-19 Kabupaten Humbang Hasundutan, di Gedung DPRD Humbang Hasundutan.

Untuk memberhasilkan pencapaian visi dan misi Kabupaten Humbang Hasundutan, pembangunan di Kabupaten Humbang Hasundutan diprioritaskan  kepada 5 bidang yaitu pendidikan, kesehatan, pertanian, pariwisata dan infrastruktur dengan tidak mengabaikan bidang-bidang lainnya. Ke-lima bidang ini kita pandang mampu mendorong pergerakan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara bertahap dan pasti.

Bupati Humbang Hasundutan menjelaskan satu persatu capaian kinerja di bidang dimaksud. Dari segi Pertanian, Humbang Hasundutan tidak pernah menjadi centra bawang merah, hanya di Baktiraja. Hari ini mungkin di 7 Kecamatan, bawang merah ini sungguh luar biasa produktivitasnya dan harganya sangat-sangat menjanjkan.

Pada awal kita memulai ini, semua orang sangat pesimis tapi karena berkat pertolongan Tuhan dan tentunya karena petani terberkati, hari ini kita merasakan harga bawang merah bisa mencapai 50 ribu perkilo dengan biaya produksi 9 ribu perkilo.

Kemudian pemakaian Ekskavator, kita dapat 19 dari pusat. Ini semua dari APBN. Dimasa Covid-19 kita buat ini gratis dengan hanya mengisi BBM. Tahun depan, pemakaian Ekskavator dan traktor akan digratiskan apapun ceritanya. Lebih baik kita korbankan PAD daripada kita korbankan petani.

 

Dari segi Insfrastruktur, kami memohon maaf karena masih banyak akses jalan yang belum terbangun di 153 desa dan  1 Kelurahan. Sebagai gambaran, kami turun ke beberapa desa ada 3 akses jalan yang perlu kita tangani secara serius. Pertama akses jalan Parlilitan menuju Pangukitan, akses jalan Pakkat menuju Temba dan akses jalan Tarabintang menuju Simbara. Ketiga ini menjadi prioritas yang mesti kita selesaikan tahun 2023.

Dibidang pendidikan, kita telah memulai program metode gasing. Setelah kita laksanakan di Desa Parsingguran, tadinya mereka ‘free test’ hasilnya nol. Tetapi setelah 2 minggu mereka melaksanakan gasing, hasilnya sangat luar biasa. Kita mau ini dilakukan di semua desa, tidak ada manusia bodoh didunia, hanya mungkin kesempatan yang terbatas. Program metode gasing ini dapat menjadi pondasi awal untuk mendongkrak ketertinggalan kemampuan SDM kita.

Dibidang kesehatan, ini menjadi salah satu masalah serius. Kita lihat dari Pak Presiden hingga sampai ke tingkat terbawah bahwa masalah stunting adalah masalah yang serius. Fokus kita pada pola asuh anak, ibu yang mau menikah, sampai mengandung dan melahirkan hingga sampai mengasuh 1000 hari.

Mengakhiri sambutannya, Bupati mengajak seluruh lapisan masyarakat agar tetap berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa kiranya seluruh masyarakat Humbang Hasundutan dimanapun berada diberikan kesehatan, umur yang panjang dan berkat yang melimpah. ‘Dirgahayu ke-19 Kabupaten Humbang Hasundutan’ Kita songsong Kabupaten Humbang Hasundutan menuju masyarakat sejahtera dengan meningkatkan pembangunan.

Sementara itu, Ketua DPRD, Ramses Lumbangaol, SH dalam sambutannya menyampaikan rentang waktu 19 tahun Kabupaten Humbang Hasundutan, banyak perjalanan penuh romantika dan dinamika yang dilalui dalam membentuk identitas diri.

Dimasa mendatang akan ditorehkan dalam catatan sejarah perjalanan Kabupaten Humbahas.

“Kita telah melihat berbagai perkembangan pembangunan yang terjadi di Humbahas. Walaupun hal tersebut belum dapat dirasakan secara merata. Mengingat masih banyak daerah-daerah terpencil di wilayah Humbahas yang masih belum tersentuh akan indahnya pembangunan. Sehingga DPRD masih terus meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati untuk melakukan pembangunan dengan mengedepankan azas keadilan dan pemerataan. Jika perlu lalukan inovasi dan ivovatif yang kreatif mengingat saat ini kita sudah berada dalam era globalisasi dan digitalisasi” ujar Ramses.

Ramses Lumbangaol menjelaskan lagi, kurun waktu 19 tahun Kabupaten Humbahas banyak memperoleh penghargaan dari pemerintah provinsi dan pusat atas prestasi dalam pelaksanaan penyelenggaraan roda pemerintahan. Sehingga DPRD cukup mengapresiasi hal itu. Namun dari segi potensi yang dimiliki, belum sepadan dengan apa yang telah diperoleh Kabupaten Humbang Hasundutan.

Sesuai thema HUT ke-19 yaitu tingkatkan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat. Ini tentu sejalan dengan harapan dan cita-cita bersama.

Namun bukan hal mudah untuk mewujudkannya, perlu konsistensi dan komitmen dari semua pihak. Maka di momen peringatan HUT ini, diminta kepada Pemkab Humbahas dapat melibatkan unsur penyelenggara pemerintahan dan elemen masyarakat dalam melaksanakan setiap pembangunan. Sebagai bagian dari unsur penyelengara pemerintahan, DPRD minta agar Pemkab Humbahas dapat saling berkomunikasi dan berkoordinasi demi terciptanya harmonisasi yang bersinergi antara eksekutif dan legislatif.

DPRD juga menghimbau, kiranya masyarakat dapat memberikan kontribusi dalam pelaksanaan pembangunan, mengingat Humbahas ini milik bersama. Sehingga secara bersama-sama bertanggungjawab atas keberhasilan pembangunan.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada orangtua kami panitia pemekaran Kabupaten Humbang Hasundutan. Sehingga proses pembangunan dapat berjalan sebagaimana mestinya. Kiranya masyarakat secara khusus anak-anak kami generasi muda dapat melanjutkan tongkat estafet perjuangan mereka melalui karya dan prestasi. Sehingga menjadi motivasi dan inspirasi bagi semua orang. Begitu juga kepada Bupati/Wakil Bupati periode 2003-2015, kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas karya bhaktinya dalam pelaksanaan pembangunan. Pelaksanaan pembangunan juga tidak terlepas atas partisipasi segenap lapisan masyarakat yang di bona pasogit dan di perantauan. Semoga Kabupaten Humbahas yang kita cintai semakin sejahtera” akhir pidato Ramses Lumbangaol.

 

Sebelumnya sejarah terbentuknya Kabupaten Humbang Hasundutan dibacakan oleh Plt. Sekwan Makden Sihombing, S.Sos, MM, menyampaikan bahwa Kabupaten Humbang Hasundutan dibentuk berdasarkan UU nomor 9 tahun 2003 yang merupakan pemekaran Kabupaten Tapanuli Utara yang diresmikan tanggal 28 Juli 2003 oleh Mendagri di Medan dan melantik Penjabat Bupati Drs Manatap Simanungkalit. Pembentukan Kabupaten Humbahas ini merupakan aspirasi masyarakat yang difasilitasi Pemkab Taput dengan membentuk panitia pemekaran dan mendapat dukungan penuh masyarakat bona pasogit, para perantau, DPRD Taput, DPRD Provinsi Sumut dan Gubsu. Saat ini Kabupaten Humbahas terdiri dari 10 kecamatan, 153 desa ditambah 1 kelurahan dengan jumlah penduduk 203.959 jiwa dan luas wilayah 2.335,33 km persegi.

Untuk melanjutkan pembangunan, Gubsu melantik Sarlandy Hutabarat SH sebagai Penjabat Bupati Humbahas sekaligus mempersiapkan pemilihan kepala daerah secara langsung tahun 2005. Dari hasil pemilihan itu menetapkan pasangan Drs Maddin Sihombing-Drs Marganti Manullang sebagai Bupati/Wakil Bupati Humbahas.

Di usia 19 tahun, sudah 6 orang kepala daerah menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Humbahas. Yaitu Drs Manatap Simanungkalit (28 Juli 2003-9 Agustus 2004). Binsar Wins Simamora (10 Agustus 2004-29 Oktober 2004). Sarlandy Hutabarat SH (30 Oktober 2004-25 Agustus 2005). Drs Maddin Sihombing (26 Agustus 2005-26 Agustus 2015). Drs Bukit Tambunan (16 Oktober 2015-16 Pebruari 2016). Dosmar Banjarnahor SE (17 Pebruari 2016 sampai sekarang). Wakil Bupati Humbahas, Drs Marganti Manullang (26 Agustus 2005-26 Agustus 2015). Saut Parlindungan Simamora (17 Pebruari 2016-17 Pebruari 2021). Oloan Paniaran Nababan SH MH (26 Pebruari 2021 sampai sekarang). rel/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.