Header Ads



Bupati Humbahas Launching Festival Raja Sisingamangaraja 2022, Acara Puncak 30 Juli

DOLOK SANGGUL, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE diwakili Sekda Drs. Tonny Sihombing, MIP Launcing Festival Raja Sisingamangaraja Tahun 2022(11/7) di Pendopo Perakantoran Bukit Inspirasi, Doloksanggul.

Turut hadir pada kegiatan ini, Forkopimda, Ketua DWP Humbang Hasundutan Ny. Marista Tonny Sihombing, tokoh adat, tokoh agama, sanggar seni dan masyarakat.

Bupati Humbahas Launching  Festival Raja Sisingamangaraja 2022, Acara Puncak 30 Juli

Dalam sambutan tertulis Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE yang dibacakan Sekda Drs. Tonny Sihombing, MIP menyampaikan bahwa kawasan Danau Toba memiliki berbagai potensi wisata dan budaya yang layak untuk dipromosikan ke seluruh dunia.

Kabupaten Humbang Hasundutan sebagai bagian dari kawasan Danau Toba memiliki potensi wisata budaya khas, khususnya peninggalan Raja Sisingamangaraja seperti Istana Raja Sisingamangaraja, Tombak Sulu-Sulu, Aek Sipangolu, Hariara Tunghot, Markas Pertahanan Raja Sisingamangaraja XII dan sebagainya. Disamping itu, ada potensi wisata alam seperti Geosite Sipincur, Lembah Bakara, Sileme-leme, Seribu Goa, Perkebunan/ Petanian Kopi, Padi, Kemeyan, Jagung, Mangga, Sayuran, Bawang, Minuman Kopi, Daging Kuda, Naniura dan lainnya. Kearifan lokal ‘Marsirippa Sihali Aek di Desa Tipang, Perkampungan Tua, Rumah Adat, Sarcofagus, Wisata minat seperti Arung Jeram, Tubing, Susur Goa dan Trekking.

 

Promosi potensi pariwisata dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan pelaksanaan even seperti Festival Raja Sisingamangaraja Tahun 2022 yang akan diisi dengan Pagelaran Seni Budaya, Festival Budaya dan Olahraga.

Semoga kegiatan ini berjalan dengan baik dan berdampak positif terhadap peningkatan kunjungan wisatawan dan perekonomian masyarakat Humbang Hasundutan.

Pada kesempatan itu, Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Jakkon Marbun, SE, MM melaporkan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah menetapkan dan mempromosikan Festival Raja Sisingamangaraja sebagai Calender of Event (COE) Pariwisata dan Budaya Kabupaten Humbang Hasundutan dan mengajak masyarakat luas untuk menghadiri Festival Raja Sisingamangaraja.

Launcing Festival Raja Sisingamangaraja Tahun 2022 ini dilaksanakan Senin, 11 Juli 2022 dan puncak kegiatan dilaksanakan pada Sabtu, 30 Juli 2022 di Geosite Sipincur. rel/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.