Header Ads



Lintas Agama Ikuti Prosesi Jalan Salib, Kembalikan Kejayaan Siantar Kota Toleran

SIANTAR,  Ibadah prosesi jalan salib yang digelar Panitia Perayaan Paskah Oikumene Kota Pematangsiantar Tahun 2022, berlangsung lancar, hikmat dan mendapat dukungan penuh dari denominasi agama yang ada di Kota Pematangsiantar, Jumat (15/4/2022) sore tadi.

LIHAT JUGA JALAN SALIB dari Universitas HKBP NOMMENSEN Ke Kantor WALIKOTA SIANTAR

Plt Walikota Siantar dr Susanti Dewayani bersama Lintas Agama  bersama-sama menyaksikan
Perayaan Paskah (Jalan Salib) di halaman Universitas HKBP Nommensen kota Pematangsiantar. 

Seperti pantauan media ini, arak – arakan prosesi jalan salib itu diberangkatkan oleh Plt. Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, Sp.A, sekitar pukul 16.15 WIB, dari lapangan Universitas HKBP Nommensen Kota Pematangsiantar, jalan Sangnaualuh Pematangsiantar.

Sebelum memberangkatkan arak – arakan jalan salib tersebut, Plt. Wali Kota Pematangsiantar mengaku terharu dan bangga melihat pelaksanaan prosesi jalan salib tersebut, apalagi melibatkan denominasi agama yang ada di Kota Pematangsiantar seperti adanya dukungan dari GP. Ansor, HMI, PMII, Banser dan WALUBI, yang tampak antusias mendampingi proses jalan salib tersebut.

“Ini sebuah kebersamaan yang luar biasa dan membuktikan toleransi umat beragama di Kota Pematangsiantar sangat kuat,”ungkapnya, sambil mengucapkan selamat memperingati Jumat Agung kepada umat Kristiani.   

Hadir dalam pemberangkatan prosesi jalan salib tersebut Kapolres Pematangsiantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar, S.I.K, yang juga selaku Ketua Umum Panitia Perayaan Paskah Oikumene Kota Pematangsiantar Tahun 2022, Rektor Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Prof. Dr. Sanggam Siahaan, Plt. Kadis Perhubungan Kota Pematangsiantar, Dra. Kartini Batubara, MM, Plt. Kadis Koperasi, UMKM dan Perdagangan, Herbert Aruan, Anggota DPRD Pematangsiantar dari NasDem, Tongam Pangaribuan, Anggota DPRD Pematangsiantar dari PDI Perjuangan, Baren Alijoyo Purba, mantan Anggota DPRD Pematangsiantar, Samuel Saragih, rohaniawan, Pdt. Riando Napitupulu, dari NU Siantar, Imran Simanjuntak, dari GP Ansor, Akbar Pulungan.

Hadir juga Ketua Panitia Pelaksana Paskah Oikumene Kota Pematangsiantar, Pdt. Rosininta Hutabarat, Sekretaris Panitia Pelaksana Paskah Oikumene Kota Pematangsiantar, Hendra Simanjuntak MPd, yang juga Ketua DPC GAMKI Kota Pematangsintar, Sekretaris DPC GAMKI Pematangsiantar, Gustaf SH Panggabean ST, untur Wakil Ketua DPD GAMKI Sumut, Ferry GM Tampublon, SH yang juga mantan Ketua DPC GAMKI Pematangsiantar, senior GAMKI Pematangsiantar, Reokoming Tampubolon, Ketua GMKI Cabang Siantar – Simalungun, Juwita Panjaitan, dan juga pengurus HMI, PMKRI, PMII, Banser serta undangan lainnya.

LIHAT JUGA YESUS DISALIBKAN di BALAI KOTA SIANTAR

Tiga Orang di Salibkan didepan Balai Kota Pematangsiantar dalam perayaan Paskah

Saat memulai arakan jalan salib, tampak Prof. Dr. Sanggam Siahaan, ikut memikul salib, lalu dilanjutkan pemeran Yesus yang dibawakan Patar Napitu.

Seperti diungkapkan Hendra Simanjuntak MPd, selaku Sekretaris Panitia Paskah Oikumene Kota Pematangsiantar Tahun 2022, ada 12 titik pemberhentian dan salib dipikul secara bergantian diantaranya Tongam Pangaribuan, Baren Alijoyo Purba, Herbert Aruan, unsur pimpinan gereja, pimpinan organisasi, dan juga Kapolres Pematangsiantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar, S.I.K.

Prosesi jalan salib tersebut mendapat penjagaan dari personil Polres Pematangsiantar, Satpol PP, dan bahkan mengatur arus lalulintas bersama Dinas Perhubungan Pematangsiantar. 

Dan bahkan, anggota Banser bersama GP. Ansor Pematangsintar juga tampak turun tangan mengamankan arus lalulintas dan prosesi jalan salib.

Prosesi jalan salib ini juga mencuri perhatian masyarakat Kota Pematangsiantar yang begitu antusias mengikuti arak-arakan jalan salib mulai dari lapangan Universitas HKBP Nommensen hingga sampai ke titik terakhir yaitu depan kantor Wali Kota Pematangsiantar, jalan Merdeka Pematangsiantar.

Tak sedikit warga mengabadikan moment tersebut dan termasuk para driver ojek online di sepanjang jalan Sutomo Pematangsiantar.

Tiba di depan kantor Wali Kota, dilakukan penyaliban dan ibadah singkat yang dibawakan Pdt. Riando Napitupulu.

Lalu dilanjutkan kata – kata sambutan yang disampaikan Kapolres Pematangsiantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar, S.I.K, yang juga selaku Ketua Umum Panitia Perayaan Paskah Oikumene Kota Pematangsiantar Tahun 2022, mewakili denominasi agama yang disampaikan Imran Simanjuntak, dan juga dari DPRD Pematangsiantar oleh Baren Alijoyo Purba. 

Kapolres Pematangsiantar AKBP Boy Siregar, SIK memikul Salib dalam Perayaan paskah Oikumene di kota Pematangsiantar.

Dan prosesi jalan salib tersebut, ditutup Plt. Wali Kota melalui Sekretaris Daerah Kota Pematangsiantar, Budi Utari Siregar.

Pada kesempatan itu, Budi Utari sangat terharu dan mengapresiasi terlaksananya prosesi jalan salib tersebut, apalagi dengan adanya dukungan dari denominasi agama yang ada di Kota Pematangsiantar.

“Ini membuktikan masyarakat hidup rukun, saling menghormati dan tingginya toleransi umat beragama di kota yang kita cintai ini,”ungkapnya.

Dan usai acara jalan salib berakhir, Hendra Simanjuntak MPd, Ketua DPC GAMKI Kota Pematangsiantar, mendapat kejutan dari panitia yaitu kue ulang tahun yang diberikan Kapolres Pematangsiantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar, S.I.K.

“Ini sungguh luar biasa, dan saya sangat terharu, terimakasih atas ucapannya dan kue ulang tahunnya,”ucap Hendra Simanjuntak yang hari itu juga berulang tahun.

Dan di hari itu juga, dilangsungkan acara buka puasa bersama yang dipusatkan di Ruang Data Pemko Pematangsiantar. tag/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.