Header Ads



Pelantikan KWRI Siantar-Simalungun Dihadiri PWI, Ketua Jannes Manalu dan Sekretaris Marjo Situmorang

SIANTAR,  Sepanjang jalan Sisingamangaraja hiasi bunga ucapan Pelantikan Pengurus DPC Komite Wartawan Reformasi Indonesia (KWRI) Siantar- Simalungun periode 2022-2025.

Meski sempat terjadi angin kencang, Pelantikan KWRI Siantar-Simalungun yang dilaksanakan tepat di Cafe Monalisa, jalan Sisingamangaraja, Kota Pematangsiantar itu berjalan sukses dan penuh keakraban, Sabtu (19/3/2022).

Pengurus KWRI Siantar-Simalungun periode 2022-2025 yang dilantik yakni Ketua Jannes Boang Manalu dari media Jenews.id, Sekretaris, Marjo Situmorang dari media Tipikor.Net dan Bendahara, Ansary Nasution dari media Aktual News.

BACA JUGA  Hasuna Damanik Ketua PWI Simalungun 2020-2023, Ini Susunan Pengurusnya

Ketua Jannes Boang Manalu dari media Jenews.id, Sekretaris, Marjo Situmorang 


Ketua KWRI Siantar-Simalungun, Jannes Boang Manalu mengucapkan trimakasihnya kepada panitia dan hadirin yang turut membantu sehingga acara pelantikan terlaksana dengan baik.

Bicara tentang insan pers ujar Jannes Boang Manalu, adalah salah satu corong atau Pilar demokrasi untuk menyampaikan suara rakyat kehalayat umum dan menyampaikan apa yang telah dikerjakan oleh Pemerintah.

Tugas jurnalist yang sering kita lalui ucap Jannes Boang Manalu, dengan berbagai cobaan, bahkan tak sedikit pula meninggal dunia dilapangan karena pemberitaan. 

"Kita ingat saudara kita mendiang Marsal Harahap telah meninggal dunia karena pemberitaaan. Jadi kita harapkan kedepan tidak ada lagi Wartawan meninggal dunia karena berita. Kita juga berharap dapat bekersama dengan Pemerintah Kota Pematangsiantar, Pemkab Simalungun, DPRD dan TNI-Polri,"sebutnya.

Masih Jannes Boang Manalu, kepada stakeholder yang hadir menyampaikan agar jangan pernah alergi terhadap media atau Wartawan. 

"Karena tugas kami adalah sebagai kontrol sosial yang menyampaikan kebenaran untuk keadilan. 25 Media yang tergabung dalam KWRI Siantar-Simalungun, kita mintakan tetap mematuhi Undang-undang Pers No 40 tahun 1999, mematuhi kode etik jurnalist,"tuturnya.

Untuk itu, tambah Jannes Boang Manalu, berharap agar Pemkab Simalungun maupun Pemkot Pematangsiantar bisa menampung anggaran untuk pemberitaan atau publikasi berita.

"Mohon pak Kadis Kominfo sampaikan ke Bupati Simalungun dan Plt Walikota Pematangsiantar hal ini agar dapat dianggarkan publikasi berita,"pungkasnya.

Ketua PWI Siantar-Simalungun, Surati mengucapkan selamat atas dilantiknya Pengurus KWRI Siantar-Simalungun dan berharap dapat memberikan kontribusi kepada sesama anggota dan kepada Pemerintah Siantar-Simalungun. 

"Marilah kita Wartawan, kita dukung program Pemerintah, marilah kita sajikan pemberitaan yang berimbang, butuh cepat tapi harus cermat dan hasil pemberitaan jangan ada orang yang dirugikan. Kita berikan masukan kepada Pemerintah bagaimana pemberitaan-pemberitaan yang menyejukkan Siantar dan Kabupaten Simalungun semakin baik kedepan,"ajaknya.

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga melalui Plt Kadis Kominfo Simalungun, Sahat ML Simangunsong menyampaikan ucapkan selamat dan berharap agar Wartawan melakukan peliputan dilapangan tetap memegang teguh kode etik jurnalist dalam UU Pers No 40 tahun 1999.

"Besar harapan kami kedepan, mari kita saling bekerjasama, mari bantu kami untuk marharoan bolon di Kabupaten Simalungun, bukan hanya marharoan bolon dibidang infranstruktur tetapi apa apresiasi Pers terhadap kinerja Bupati Simalungun yang telah dikerjakan,"imbuhnya.

Danren diwakili Kapenren, Mayor SH Tanjung menyampaikan agar menyajikan berita yang berimbang dan aktual. "Buat berita negatif tak masalah tapi harus cek and recek untuk mengkroscek sumber informasi sehingga tidak ada miss komunikasi dalam pelaksanaan jurnalistik sehingga dilapangan tidak terjadi gesekan-gesekan,"katanya.

Plt Walikota Pematangsiantar, Susanti Dewany melalui Kadis Kominfo, Pardamean Manurung menyampaikan apresiasi atas pelantikan pengurus KWRI Siantar-Simalungun Periode 2022-2025 Semoga berjalan sukses serta bermanfaat bagi seluruh rakyat, terutama masyarakat Siantar-Simalungun.

"Kami yakin Wartawan yang bernaung dibawah KWRI menjadi garam terdepan dalam menyampaikan informasi yang berkualitas, bisa dipercaya dihadapan masyarakat dan dapat mengedukasi masyarakat tentang berita yang benar dan akurat, ucap Pardamean.

Lanjut Pardamean, kehadiran KWRI diyakini akan dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan kota Pematangsiantar dan menjadi mitra pemerintah menuju lebih baik kedepan. 

"Pesan ibu Wali, jaga nama baik organisasi ini, bangun sinergitas bersama pemerintah daerah, kuatkan solidaritas sesama pengurus KWRI, kedepankan sikap saling menghargai profesi, sehingga terjadi hubungan organisasi yang baik dan santun,"tandasnya.

Korda KWRI Sumut, Edi Kemas alias Babe memberi arahan agar Pengurus KWRI Siantar-Simalungun yang baru dilantik dapat membangun sinergitas, bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pematangsiantar dan Pemkab Simalungun dalam menyajikan pemberitaan yang edukatif sehingga apa yang menjadi keinginan kita bersama dapat terwujud.

"Kita berharap KWRI ini menjadi motor, menjadi sosial kontrolnya Pemerintah, baik TNI-Polri maupun BUMN dan swasta sebab media adalah corong untuk menyampaikan informasi-informasi disegala bidang,"terangnya.

Babe menyampaikan kepada semua pengurus KWRI agar mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian kompetensi wartawan (UKW) untuk menambah wawasan, SDM dalam tugas peliputan sehari-hari. 

Banyak hal yang akan kita sikapi di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun. Wartawan menjadi barometer perkembangan Kota Pematangsiantar, dimana jalan tol sebentar lagi akan selesai dibangun, ini akan menjadi ancaman Kota Pematangsiantar apabila Kota Pematangsiantar tidak berbenah.

"Bagimana agar Siantar berbenah, tugas kita media untuk mensosialisasikan atau memberi informasi kepada masyarakat dalam hal pengembangan kuliner, UMKM sehingga terwujud apa yang telah inginkan.

Begitu juga Kabupaten Simalungun, danau toba, salah satu destinasi unggulan oleh Presiden RI, Bapak Jokowi, moment ini juga harus kita ambil. KWRI ini harus ambil bagian,"cetusnya.

Sekretaris KWRI yang baru dilantik, Marjo Situmorang mengucapkan trimakasih yang sebesar-besarnya atas ucapan-ucapan selamat baik melalui bunga Papan maupun iklan di media sosial.

"Kiranya spirit yang diberikan menjadi motivasi dalam mengemban tugas-tugas KWRI mendukung pemerintah maupun swasta dalam membangun bangsa dan negara melalui edukasi pemberitaan bagi masyarakat,"singkatnya.

Turut hadir, Perwakilan IPK Kota Pematangsiantar, mewakili Dempon 1/1 Kpn CPM T Sijabat,  mewakili Korem 022/PT, mewakili Kodim 0207/Simalungun, Ltd inf SD Siregar, Ketua DHC A. 45 L Boyke Girsang. rel/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.