Header Ads



dr. Susanti Dewayani, Sp.A : Wujudkan Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas

SIANTAR, DPRD Kota Pematangsiantar laksanakan Serah Terima Jabatan dan Penyerahan Memori Jabatan Wali Kota Pematangsiantar Periode 2017-2022 kepada Pelaksana Tugas Wali Kota Pematangsiantar, dan Penyampaian Pidato Perdana Pelaksana Tugas Wali Kota Pematangsiantar di Gedung Harungguan DPRD Pematangsiantar, Jumat (4/3/2022) di Jalan H Adam Malik No. 2 kota Pematangsiantar.


Plt. Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani, Sp.A mengalungkan bunga kepada H. Hefriansyah

Dalam Pidato Perdana Plt. Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani, Sp.A : menegaskan Kami akan berupaya mewujudkan Kota Pematangsiantar yang sehat melalui peningkatan derajat kesehatan masyarakat secara jasmani dan rohani, serta peningkatan ketakwaan masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Dalam mendukung hal tersebut, kami akan meningkatkan kualitas infrastruktur dan tenaga kesehatan serta melakukan gerakan masyarakat sehat  melalui upaya preventif dan kuratif sejak dini, sehingga menjamin kehidupan masyarakat Kota Pematangsiantar yang nyaman dan berkelanjutan. 

Dalam upaya mewujudkan Kota Pematangsiantar yang sejahtera, kami akan melakukan peningkatan kualitas perlindungan masyarakat dan sosial ekonomi masyarakat melalui penyediaan infrastruktur  dan penguatan dunia usaha, penguatan ekonomi masyarakat untuk meningkatkan kesempatan kerja dengan membuka akses investasi dan inovasi dalam dunia usaha di bidang jasa, perdagangan, dan industri.

Selanjutnya dalam upaya mewujudkan Kota Pematangsiantar Berkualitas, kami berupaya meningkatkan sumber daya manusia, yang maju dan unggul, serta berdaya saing melalui pengelolaan sumber daya alam yang ada, reformasi dalam tata kelola pemerintahan menuju pemerintahan yang bersih, berwibawa, responsif, serta konsisten dalam melayani dan mengimplementasikan regulasi serta kebijakan pembangunan menurut skala prioritas. 

Dalam rangka mewujudkan Kota Pematangsiantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas, kami menetapkan langkah-langkah pencapaian melalui perumusan lima misi Kota Pematangsiantar, yaitu: 

1. Menguatkan kehidupan masyarakat yang sehat, sejahtera, humanis, agamis, dan beradab dengan menghargai local wisdom dan keheterogenan yang berkualitas.

2. Menguatkan dan memulihkan perekonomian regional, penyehatan iklim usaha, perdagangan dan jasa, UKMK, dan koperasi yang mandiri, kokoh, dan berkeadilan, yang terdampak masa pandemi dan atau pasca pandemi Covid-19.

3. Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien, bersih, responsif melayani berdasarkan prinsip good governance dan corporate governance.

4. Menguatkan sentralitas dan daya tarik kota, guna pencapaian Pematangsiantar sebagai sub pusat perdagangan dan jasa regional di Provinsi Sumatera Utara.

5. Mewujudkan kota berkualitas melalui penataan ruang, pengembangan infrastruktur, keindahan, dan kebersihan lingkungan kota secara berkelanjutan.

Visi dan misi yang telah kami sampaikan, selanjutnya akan dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebagai dokumen perencanaan pembangunan yang disusun untuk jangka waktu lima tahun, yang merupakan penjabaran visi dan misi serta program kerja kami selaku kepala daerah. 

Selanjutnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, rancangan  RPJMD  yang telah disusun akan ditetapkan dalam bentuk peraturan daerah paling lambat enam bulan setelah kami selaku kepala daerah terpilih dilantik.

Kami mengajak seluruh pimpinan dan anggota DPRD serta masyarakat Kota Pematangsiantar untuk bersama-sama memberikan masukan, saran, dan pemikiran dalam penyempurnaan penyusunan rancangan  peraturan daerah tentang RPJMD untuk periode lima tahun ke depan. 

Dengan semangat kebersamaan yang kita miliki, kami yakin kita bisa mengubah semua tantangan menjadi  kekuatan dan peluang bagi kota yang kita cintai ini demi mewujudkan Kota Pematangsiantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.

Ditinjau dari suku, agama, ras, dan golongan, penduduk Kota Pematangsiantar sangat beragam. Dengan  kondisi tersebut, kota yang kita cintai ini  telah membuktikan beberapa kali masuk dalam kota paling toleran di Indonesia. Pencapaian ini sangat menggembirakan kita dan menjadi modal kuat untuk terus Bangkit dan Maju membangun Kota Pematangsiantar.

Semangat gotong royong yang merupakan warisan leluhur harus terus menjadi semangat kita dalam membangun Kota Pematangsiantar yang sama-sama kita cintai ini. Seperti motto Kota Pematangsiantar "Sapangambei Manoktok Hitei".

Mari kita kerjakan apa yang bisa kita kerjakan hari ini, jangan tunda sampai hari esok, "Horjahon ma aha na boi horjahonon sadari on, ulang pala paima ari  patar (assogot).

Sebelumnya, Ketua DPRD Pematangsiantar Timbul Marganda Lingga dalam sambutannya saat membuka Sidang Paripurna mengatakan, "Selasa 22 Februari 2022 lalu, Gubsu Edy Rahmayadi telah melantik Wakil Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani, Sp.A dan selanjutnya ditetapkan sebagai Pelaksana Tugas Wali Kota.

Selamat kepada Plt Wali Kota. Semoga Kota Pematangsiantar ke depan menjadi lebih baik. Semoga Pemerintah Kota dan DPRD Pematangsiantar dapat bersinergi".

Penyerahan Memori Jabatan dari Wali Kota Pematangsiantar periode 2017-2022 

Dr.H.Hefriansyah, SE, MM kepada Plt Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani, Sp.A. Disaksikan Kabiro Otda Setdaprovsu Ir. Zubaidi, MSi, dan Ketua DPRD Pematangsiantar Timbul Marganda Lingga. rel/t



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.