Header Ads



Bantuan Kuota Internet Kemendikbud 2021 Lebih Kecil, Ini Rinciannya

LINTAS PUBLIK, Bantuan kuota internet Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) jilid II siap disalurkan pada bulan Maret ini. Berbeda dari sebelumnya, subsidi kuota data kali ini lebih kecil.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menjelaskan, perubahan besaran kuota internet Kemendikbud pada kali ini berdasarkan hasil masukan dari masyarakat.

ilustrasi belajar daring

Selain itu, perubahan ini juga untuk meningkatkan fleksibilitas penggunaan bantuan kuota internet Kemendikbud.

Sebagai informasi, bila sebelumnya terdapat pemisahan kuota yang terdiri dari Kuota Belajar dan Kuota Umum. Namun bantuan kuota internet Kemendikbud untuk Maret-Mei 2021 ini hanya terdapat Kuota Umum saja.

"Jadi, di 2021, kita akan memberikan kuota GB yang lebih kecil daripada kuota belajar sebelumnya, tetapi kuota ini merupakan kuota umum, jadi bisa mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali aplikasi yang diblokir," ujar Nadiem, Senin (1/3/2021).

Nadiem melanjutkan hanya ada kuota umum saja di bantuan kuota internet Kemendikbud, penerima manfaat dari program ini bisa mengakses seluruh laman dan aplikasi dalam memenuhui kebutuhan belajar online, kecuali laman dan aplikasi yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Artinya, bantuan kuota internet 2021 dapat digunakan untuk seluruh sumber informasi di internet yang relevan untuk pembelajaran," kata Mendikbud.

Berikut perbedaan bantuan kuota internet Kemendikbud sebelumnya dan yang bulan ini akan disalurkan:

1. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Siswa PAUD sebelumnya mendapatkan bantuan kuota internet Kemendikbud total 20GB, terdiri dari 5GB merupakan Kuota Umum dan 15GB Kuota Belajar. Maka sekarang menjadi 7GB per bulannya.

2. Siswa Pendidikan Dasar dan Menengah

Pemerintah menyalurkan kuota internet Kemendikbud untuk pelajar di jenjang ini 35GB per bulan dengan rincian 5GB Kuota Umum dan Kuota Belajar 30GB. Kali ini hanya 10GB per bulannya.

3. Pendidik PAUD dan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah

Guru dari mulai dari PAUD, SD, SMP, sampai SMA kesemuanya mengantongi total bantuan kuota internet Kemendikbud sebesar 42 GB, yang mana rinciannya Kuota Umum 5GB dan Kuota Belajar 37GB. Sekarang berubah menjadi 12GB per bulannya

4. Mahasiswa dan Dosen

Sedangkan bagi mahasiswa dan dosen sama-sama menerima 50GB di bantuan kuota internet Kemendikbud, Kuota Umum 5GB dan Kuota Belajar 45GB. Kali ini hanya mendapatkan 15GB per bulan


sumber  : det 




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.