Header Ads



258 hektare tanaman kentang di Karo hancur akibat erupsi Sinabung

LINTAS PUBLIK, Seluas 258 hektare lahan tanaman kentang di empat kecamatan di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, hancur akibat pengaruh erupsi Gunung Sinabung.

"Keempat kecamatan itu yakni Naman Teran, Brastagi, Dolat Rakyat, dan Merdeka yang terpapar debu erupsi Gunung Sinabung," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo Natanail Perangin-angin, yang dihubungi dari Medan, Selasa (11/8).

Ia menyebutkan tanaman kentang yang gagal panen di Kecamatan Naman Teran seluas 191 hektare, di Kecamatan Berastagi seluas 19 hektare, Kecamatan Dolat Rakyat seluas 3 hektare, dan Kecamatan Merdeka seluas 45 hektare.

Tanaman komoditas di Kabupaten Karo hancur akibat erupsi Gunung Sinabung.
Kerusakan kentang di Kabupaten Karo itu, akibat debu vulkanik yang menutupi tanaman komoditi tersebut sehingga menjadi layu dan tidak berkembang seperti yang diharapkan.

"Jadi, seluruh petani kentang di tiga kecamatan tersebut mengalami kerugian yang cukup besar akibat erupsi Sinabung tersebut," katanya.

Natail menjelaskan, kerusakan areal lahan pertanian di Kecamatan Naman Teran, yakni tanaman kentang seluas 191 hektare, kubis seluas 141 hektare, kol bunga seluas 111 hektare, dan petai seluas 137 hektare.

"Kemudian tanaman komoditi cabe besar seluas 192 hektare, tomat seluas 99 hektare, buncis seluas 25 hektare, dan cabe rawit seluas 9 hektare," katanya.

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Senin (10/8) sekitar pukul 10.16 WIB kembali erupsi menyemburkan abu vulkanik.

Erupsi tersebut mencapai ketinggian kolom abu kurang lebih 5.000 meter di atas puncak (7.460 meter di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara.

Saat ini Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi warga maupun petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius 3 km dari Puncak Gunung Sinabung, kemudian radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-

Gunung Sinabung pada Sabtu (8/8) dini hari pukul 01.58 WIB kembali erupsi dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 2.000 meter di atas puncak (lebih kurang lebih 4.460 meter di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur.Erupsi ini terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi lebih kurang 1 jam 44 detik.

sumber  : ant 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.