Header Ads



Syukuran Revitalisasi Tugu : Inilah Pesan Ompu Tuan Situmorang Kepada Keturunannya

LINTAS PUBLIK - SAMOSIR, Syukuran Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang di urat Pulau Samosir yang dilaksanakan pada 13-15 September 2019 dihadiri puluhan ribu pomparan (keturunan)  Ompu Tuan Situmorang dari seluruh Indonesia.

https://youtu.be/XhNIWRO9pMI

Pada acara puncak, Sabtu (14/9/2019) ketua umum DPP Parsadaan Situmorang Sipitu Ama dohot Boruna (PSSAB) Ir. JB Siringoringo kembali membacakan Pesan " Ompu Tuan Situmorang".

“Mulai sadari on paojakon ma hamu gabe anakku,
Jala au amamuna. Ingot hamu ma Tonangkon:
Tong tong ma hamu sada. Sisada anak ma hamu
si sada boru, juhut disapa ma di lulu anak, parbue
na pir ma huntion di lulu boru. Anak dohot borumu
ndang jadi masiolian. Borumu ndang jadi masitindian.
Elek mahamu marboru, Somba marraja nitutur,
Jala manat mardongan sabutuha”

Dalam bahasa Indonesia:

Sejak hari ini kalian dikukuhkan menjadi anakku dan aku menjadi ayah kalian. Ingatlah amanahku ini: Tetaplah kalian bersatu. Putra putri kalian adalah putra- putri bersama, kalian mempunyai satu tanggung jawab atas putra putri kalian. Putra putri kamu tidak boleh nikah sesamanya. Anak perempuanmu tidak boleh tindih menindih dalam pernikahan. Lembutlah hati kalian terhadap anak perempuan kalian, Hormatlah kepada pada hula hula (keluarga laki-laki dari istri), dan Baik-baiklah terhadap satu-sama lain (jangan ribut antara abang-adik satu marga).

Pesan Ompu Tuan Situmorang di lokasi Tugu.
"Demikianlah Pesan Ompu Tuan Situmorang Kepada kita semua Pomparan Situmorang Sipitu Ama kepada kita semua, Semoga kita diberi kekuatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa untuk menjalankan pesannya,"ujar JB Siringoringo dalam bahasa batak didampingi seluruh pengurus PSSAB dan panitia Revitalisasi Tugu.



Penulis   : tagor
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.