Header Ads



Prodi Akuntansi D3 Polmed Gelar Kuliah Umum 'Menulis Itu Mudah'

LINTAS PUBLIK - MEDAN, Program Studi (Prodi) Akuntansi D3 Politeknik Negeri Medan (Polmed) menggelar kuliah umum "Menulis Itu Mudah", Kamis (14/3/2019) di Gedung R kampus tersebut.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dosen ekonomi UNPRI yang juga jurnalis Mangasi Butarbutar SE MM dan diikuti mahasiswa peringkat 1-5 seluruh kelas semester IV Akuntansi D3 tersebut serta sejumlah dosen.


Dalam siaran pers yang diterima, Kamis (14/3/2019), Ketua Prodi D3 Polmed Dr Yulifati Laoli SE SH MHum didampingi Sekretaris Prodi Akuntansi D3 Dr Rini Indahwati SE Ak MSi CA mengatakan, pelaksanaan kuliah umum tersebut dimaksudkan untuk menambah soft skill dan wawasan mahasiswa tentang bagaimana menulis secara umum, seperti tulisan ilmiah, termasuk tulisan ke media.

Yulifati minta mahasiswa mengikuti kuliah umum tersebut dengan baik dan memanfaatkan ilmu yang diperoleh untuk mendorong kesuksesan ke depan.

Mangasi Butarbutar dalam paparannya mengawali kunci menuju sukses, yaitu 20% dengan hard skill dan 80% dengan soft skill. Menurutnya banyak jenis soft skill yang bisa dipelajari mahasiswa, seperti kemampuan berkomunikasi, kemampuan bekerjasama dalam tim, penggunaan teknologi informasi, mampu berbicara di depan publik, termasuk menulis di media, termasuk menjaga dan menciptakan Digital Personal Branding yang baik.

"Mahasiswa tak cukup hanya punya ijazah, itu baru 20%. Mahasiswa harus memiliki kompetensi lain yaitu unggul dalam hal soft skill, sehingga setelah tamat memiliki senjata menghadapi perang memperebutkan lapangan kerja, atau mampu berpikir kreatif membangun usaha sendiri. Tidak mungkin semua lulusan sarjana memperoleh lapangan kerja di kantoran misalnya, maka sisanya harus mampu bergerak lewat ekonomi kreatif",ujarnya.

Ia menjelaskan jenis-jenis tulisan di media, dan kemudian secara lebih rinci melatih mahasiswa membuat tulisan opini, dengan menghadirkan tiga mahasiswa ke depan melatih membuat tulisan opini, dengan topik Pariwisata, Budaya dan UKM.

Mangasi Butarbutar melatih mahasiswa cara membuat pengantar sebuah opini, mengembangkan body text dan membuat penutup.

Sejumlah mahasiswa mengajukan pertanyaan sehingga menambah seru kuliah umum tersebut, antara lain Safa dari kelas Ak 4B, Resti dari Ak 4F, Firsa dari Ak 4C, Risna dari Ak 4B dan Annisa dari AK 4A.

Pertanyaan mereka tentang etika apa yang harus dipahami supaya tidak mendapatkan serangan dari pihak lain, bagaimana menentukan judul, bagaimana mendapatkan uang jika membuka blog.

Selaih dihadiri mahasiswa, sejumlah dosen juga mengikuti kuliah umum tersebut, seperti Dra Rumnasari K Siregar MSi, Dra Mariahati MHum, Ratna SE MSi, Jojor Lisbet Sibarani SE MSi dan Anita Putri SE MSi. Usai pelaksanaan kuliah umum, sejumlah peserta foto bersama dengan dosen dan pembicara.

sumber  : MB 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.