Header Ads

Genjot Pariwisata Danau Toba, Bank Indonesia Adakan Pelatihan Wartawan Se-Sumut di Parapat

LINTAS PUNLIK-SIANTAR, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara mengadakan pelatihan bagi 72 wartawan yang dipusatkan di Hotel Inna Parapat, Kabupaten Simalungun mulai Tanggal 14-16 November 2018.

Ke 72 wartawan ini berasal dari wilayah kerja KPw BI Pematangsiantar, KPw Medan dan KPw Sibolga.

Kegiatan ini dibuka Kepala Divisi Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan (KPw) BI Sumatera Utara, Demina R Sitepu didampingi Analis Senior KPw BI Sumatera Utara, Kusnadi Hutagalung.

BACA JUGA  BI Pematangsiantar Sosialisasikan Gerbang Pembayaran Nasional dengan Media


Dijelaskan Demina R.Sitepu, pelatihan ini bertujuan untuk refreshment kebijakan-kebijakan Bank Indonesia sehingga masyarakat lebih mengetahui melalui berita-berita yang dipublikasikan di media cetak,online maupun elektronik.

Ia pun berharap dengan adanya pelatihan wartawan ekonomi Bank Indonesia media dapat mempublikasikan dengan baik dan berimbang apa saja program dan kebijakan-kebijakan yang diambil oleh Bank Indonesia.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa banyak kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh Bank Indonesia dan itu perlu disampaikan kepada publik dengan berita yang berimbang. Untuk dapat mempublikasikan hal itu dibutuhkan dari teman-teman wartawan. Kami berharap kerjasama yang baik ini terus kita tingkatkan,”terangnya, Kamis (15/11/2018).

Sambung Demina, Bank Indonesia juga berusaha meningkatkan perekonomian di sekitar kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, dengan memperkenalkan sejumlah lokasi wisata yang ada di kawasan Danau Toba.

Hal ini guna mendukung program pemerintah yang mencanangkan 1 juta Wisatawan Mancanegara (Wisman) tahun 2019 yang berkunjung ke Danau Toba. Selain itu Bank Indonesia juga mendukung pengembangan ekonomi dari sektor pertanian.

“Kita harus sama-sama mendukung program 1 juta Wisman 2019 berkunjung ke Danau Toba. Dan salah satu dukungan yang kita lakukan dengan mengadakan pelatihan wartawan ekonomi di Parapat ini. Selain itu juga nanti kita akan mengunjungi objek-objek wisata yang dapat dipublikasikan teman-teman wartawan ke medianya masing-masing. Dengan demikian masyarakat dan Wisatawan mancanegara semakin tertarik untuk datang berkunjung ke Danau Toba,”ujar Demina.

Selain memberikan pelatihan, KPw Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara juga memberikan bantuan alat pertanian kepada kelompok tani yang ada di kawasan Danau Toba.

Dalam pelatihan ini juga ada berbagai kegiatan yang akan diikuti para wartawan. Diantaranya, mengunjungi objek wisata di Desa Sigapiton, Kelompok Tani Binaan Bank Indonesia, kunjungan ke Yayasan DEL Laguboti dalam pengembangan ekonomi kawasan Danau Toba bersama Bank Indonesia dan Pemkab Tobasa.

Bank Indonesia juga menjalin kemitraan dengan sejumlah lembaga yang concern terhadap pengembangan ekonomi dan wisata di Kawasan Danau Toba.

Penulis  : franki
Editor    : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.