Header Ads



Direvitalisasi, Tugu Ompu Tuan Situmorang Hampir Rampung, Ini Foto-fotonya

LINTAS PUBLIK - SAMOSIR, Tugu Ompu Tuan Situmorang dalam tahap penyelesaian, Tugu Ompu Tuan Situmorang direvitalisasi pada tahun 2017.

Panitia Revitalisasi telah dilantik sesuai Surat Keputusan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Parsadaan Situmorang Sipitu Ama dohot Boruna (PSSAB) se-Indonesia nomor :SKEP/014/DPP-PSSAB/2017 tentang Penetapan Panitia Revitalisasi Tugu Op. Tuan Situmorang di Urat, samosir Tahun 2017 tertanggal 25 Maret 2017.

Adapun tunjuan Direvitalisasi Tugu Tuan Situmorang di Urat Pulau Samosir untuk menunjukan eksitensi 7 ( Tujuh) anaknya keturunan Situmorang yang telah ada di seluruh dunia.

BACA JUGA  Lestarikan Sejarah, Tugu Situmorang di Revitalisasi, Ini Panitianya


Ketujuh Keturunan Situmorang yang biasa di Sebut Sipituama adalah :

1. Situmorang Pande

2. Situmorang Lumban Nahor

3. Situmorang Suhut Ni Huta

4. Tuan Ringo

5. Sitohang Uruk ( Dori mangambat)

6. Sitohang Tonga-tonga ( Raja Itubungna )

7. Sitohang Toruan ( Ompu Raja Bona Ni Onan)

Semoga nnatinya Tugu ini menjadi tempat wisata sejarah batak, khsususnya keturunan Ompu Tuan Situmorang.

Pantauan lintaspublik.com, Rabu (22/8/2018) Tugu yang direvitalisasi kelihatan Megah, tepat dijalan besar Urat - Samsir, tampak juga rumah bolon (rumah besar) berbentuk dirumah adat batak, dan ada juga pohon besar dilokasi Tugu yang sudah dipagar besi, pohon ini dinamakan Jabi-jabi Sisagapon ( sejenis beringin/penghormatan=peradaban leluhur) Keturunan  Ompu Tuan Situmorang.

"Semoga Tugu ini cepat selesai sesuai rencana, sehingga dengan adanya Revitalisasi tugu ini kekompakan sesama keturunan Ompu Tuan Situmorang semakin erat, saling mendukung dan saling tolong menolong dimanapun berada,"ungkap St. S. Sitohang, S.Si, MPd yang datang dari Siantar.










LIHAT JUGA Mengenal Tugu Sitohang di Urat, Pulau Samosir 



Penulis   : tagor
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.