Header Ads



Dari 15.000, 400 Anggota Tarik Saham, Pengurus CU.Saroha Yakinkan Keuangannya Masih Sehat

LINTAS PUBLIK - SIANTAR, Banyaknya anggota CU. Saroha yang menarik sahamnnya, menurut para pengurus tidak membuat managemen keuangan CU. Saroha merugi alias kolaps.

Ini dapat dibuktikan dari 15.000 orang anggota yang menarik sahamnnya dari Februari 2017 sampai Januari 2018 hanya 400 orang, dan ada 7 cabang CU. Saroha di Siantar Simalungun sampai saat ini masih sehat dan keuangannya stabil.

"Sampai saat ini masih stabil, hanya saja pengurus sedikit mengerem pinjaman anggota,"kata kata Hendra Simanjuntak Sekretaris CU. Saroha diruang kerjanya jalan Mangga No. 80 kota Pematangsiantar, Kamis (25/1/2018).

Pengurus sudah mendata berapa orang anggota yang akan menarik sahamnya, dan beberapa orang kami yakinkan bahwa sampai saat ini CU. Saroha masih stabil, hanya saja perlu kebijakan baru dan itu nanti diputuskan pada RAT Februari 2018 mendatang.

BACA JUGA  Dividen Berkurang, CU. Saroha "Digoyang", Ini Kata Pengurus

Ilustrasi buku keanggota  CU. Saroha
Sejauh ini pihak pengurus sedang sharing kepada sesama anggota khususnya pemilik Sibuha.

"Kami akui banyak orang trauma dengan koperasi, apalagi belakangan ini ada koperasi yang gagal mesejahterakan anggotanya, dan akhirnya banyak uang anggota banyak yang tidak jelas. Tapi persoalan di CU. Saroha beda dengan itu,"ucap Hendra meyakinkan, semua dividen tetap dibagikan baik uang tunai maupun ditambahkan dikepemilikan saham dibukukan karena ada tunggakan iuran.

Ditanya apakah beban biaya operasional yang besar sehigga dapat membebani dividen, Hendra mengatakan gaji pegawai di CU. Saroha masih sangat minim.

" Gaji anggota sekitar Rp. 92 juta perbulannya, untuk 54 orang pegawai dan biaya transportasi pengurus, saya rasa itu masih wajar,"ungkap  Hendra bahwa pengurus juga mendapat jasa keuntungan CU diakhir tahun sebesar 7 persen.

Hendra menambahkan, semua anggota harus percaya kepada pengurus, karena anggota juga yang memilih pengurus.

"Yang terpenting anggota harus percaya kepada pengurus, mari kita tumbuhkan semangat awal berkoperasi, saling membantu dan saling bekerjasama, dikoperasi harus ada jiwa sosialnya, dan bukan semata persoalan ekonomi,"ujar Hendra, bahwa CU. Saroha didirikan Almarhum Urbanus Napitu dulu adalah arisan marga Parna yang sifatnya sosial ekonomi.



Penulis   : tagor
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.