Header Ads



Pertama Kali, KPw BI Pematangsiantar Resmikan BI Corner di Simalungun

LINTAS PUBLIK-SIMALUNGUN, Kepala Tim Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar kembali meresmikan satu unit BI Corner di Perpustakaan SMAN 1 Raya Kabupaten Simalungun. Pojok baca BI Corner ini merupakan BI Corner ke 9 yang diresmikan oleh KPw BI Pematangsiantar sejak tahun 2015.

Turut hadir pada kegiatan ini Bupati Simalungun yang diwalkili oleh Kepala Bagian Perekonomian Kabupaten Simalungun, Alpian Saragih, Kepala Sekolah SMAN 1 Raya Kabupaten Simalungun, Bapak Daudraja Purba M.Si serta fungsionaris dan serta siswa/siswi SMAN 1 Raya Kabupaten Simalungun,Jumat (22/12/2017).


Pada kesempatan tersebut, Bupati Simalungun yang diwakili oleh Kepala Bagian Perekonomian Kabupaten Simalungun memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia atas kehadiran BI Corner di Kabupaten Simalungun yang dapat meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya para pelajar. Desain dan fasilitas ruangan BI Corner yang nyaman juga diharapkan dapat mendorong minat mahasiswa untuk berkunjung dan memanfaatkan fasilitas perpustakaan secara optimal sehingga dapat menunjang pendidikan siswa SMA.

Kepala Tim Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, Sugeng Siswanto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa BI Corner merupakan salah satu Program Sosial Bank Indonesia yang ditujukan untuk meningkatkan edukasi masyarakat, dengan menyediakan buku-buku mengenai ekonomi yang berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri. Selain itu BI Corner juga merupakan sarana sosialisasi bagi BI agar masyarakat semakin mengenal tugas dan peran BI dalam perekonomian Indonesia melalui publikasi-publikasi rutin, baik dalam bentuk cetak maupun visual.
Pada tahap awal, BI Corner difokuskan pada Perguruan Tinggi dan dalam waktu 5 tahun, diharapkan dapat terbangun hadir di setiap level pendidikan hingga sarana perpustakaan daerah maupun fasilitas publik lainnya. Program ini merupakan bagian dari tema unggulan pelaksanaan PSBI yang bertajuk “Indonesia Cerdas”.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar telah memfasilitasi pembangunan BI Corner di Kota Pematangsiantar dan kabupaten/kota wilayah kerja lainnya sejak tahun 2015. Pada tahun 2015 telah diresmikan dua unit BI Corner di Perpustakaan Daerah Kota Pematangsiantar dan Perpustakaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar.


Selanjutnya pada tahun 2016 diresmikan dua unit BI Corner lainnya di SMAN 4 Pematangsiantar dan Universitas Asahan. Adapun untuk tahun 2017 ini, KPw BI Pematangsiantar membangun 5 (lima) unit BI Corner, yaitu di SMAN 1 Pematangsiantar, SMA Pelita Pematangsiantar, Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun, SMAN 1 Kisaran serta SMAN 1 Raya, Kab. Simalungun.

Ke depan, KPw BI Pematangsiantar akan senantiasa memberikan edukasi mengenai tugas dan peran bank sentral serta memantau pelaksanaan BI Corner di Kabupaten Simalungun dalam rangka mendukung pengembangan edukasi bidang ekonomi di wilayah kerja.

Sementara itu,Kepala sekolah SMAN 1 Raya Kabupaten Simalungun Daudraja Purba,M.Si juga mengucap terimah kasih kepada BI Pematangsiantar yang telah mengadakan perpustakaan BI Corner dengan kelengkapan yang memadai.
Dengan perpustakaan ini,semakin meningkatkan minat baca peserta didik.

"BI Corner ini merupakan terobosan BI dalam peningkatan Sumber Daya Manusia untuk mempersiapkan generasi emas 2045 yang digagas oleh Presiden Jokowi,"ujar Daudraja.

Ketua Osis SMAN 1 Kabupaten Simalungun,John M Damanik siswa kelas X1 IPA 7 juga berterima kasih kepada BI Pematangsiantar.

Dengan BI Corner ini,dirinya semakin yakin dapat memanfaatkan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang ekonomi salah satunya soal Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

"Semoga kami bisa meningkatkan SDM untuk generasi emas 2045,"ujarnya.


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI




Penulis   : franki
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.