Header Ads



6 Hal yang Terjadi bila Anda Berhenti Bercinta

LINTAS PUBLIK, Menurut penelitian tahun 2016, generasi milenial dewasa saat ini melakukan hubungan seks lebih sedikit daripada generasi lain sejak tahun 1920an.

Ini adalah hal yang buruk karena beberapa alasan. Pertama, seks adalah aktivitas yang menyenangkan, dan kedua, mereka melewatkan beberapa manfaat kesehatan yang didapat dari bercinta.

Memang ada banyak alasan mengapa frekuensi bercinta generasi saat ini berkurang. Bisa jadi ini disebabkan karena generasi masa kini lebih banyak bepergian, atau juga karena pilihan menikah di usia yang lebih tua.

Tapi, apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh saat Anda tidak berhubungan seks untuk waktu yang lama? Berikut adalah 6 efek yang paling mengejutkan.

Ilustrasi tidak bersemangat.
1. Kehilangan irama

Anda pasti kenal ungkapan lama ini, "Jika tidak digunakan, Anda akan kehilangan." Sains mengemukakan bahwa pada tingkat tertentu, ungkapan tersebut juga berlaku untuk kehidupan seksual.

Riset tahun 2008 di American Journal of Medicine mendapati bahwa pria berusia 50an, 60an, dan 70an yang tidak aktif secara seksual berisiko tinggi menderita disfungsi ereksi.

Hal ini bisa saja terjadi karena kemampuan lengan, kaki dan zona sensitif bisa menurun saat kuantitas seks berkurang apalagi terhenti. Ini seperti orang yang terbiasa main bola, bila lama tidak bermain, maka ia akan mengalami rasa canggung saat bermain lagi.

Namun, kini telah muncul solusi mudah untuk menuntaskan masalah ini. Sebuah penelitian menyarankan untuk melakukan ejakulasi secara teratur agar dapat meringankan beberapa efek ini. Alternatif ini bisa diterapkan sekalipun Anda tidak memiliki pasangan.

2. Risiko kanker prostat meningkat

Walau sering dianggap sebagai aktivitas memalukan, namun penelitian mengungkap bahwa masturbasi adalah hal menyehatkan. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa mereka yang rutin ejakulasi, baik lewat bercinta atau masturbasi, memiliki risiko terkena kanker prostat lebih rendah. Jadi, Anda bisa melakukan aktivitas seksual ini meskipun tidak memiliki pasangan atau sedang terpisah jarak dengan istri Anda.

3. Tekanan darah melonjak

Bercinta dapat menjadikan banyak hal dalam hidup Anda menjadi lebih baik. Bahkan jika tekanan pekerjaan terus mencekik leher atau deadline ada di depan mata, perasaan senang karena bercinta membuat hal tersebut menjadi mudah.

Sains mengatakan bahwa hal tersebut bukanlah suatu kebetulan. Faktanya, sebuah penelitian di tahun 2006 yang dimuat dalam journal Biological Psychology menemukan bahwa orang-orang yang teratur bercinta memiliki tekanan darah lebih rendah daripada mereka yang tidak.

4. Meningkatnya stres

Bercinta bisa menghilangkan stres pada seseorang. Seorang ahli saraf, Dr. Debra W. Soh, mengatakan bahwa selama orgasme tubuh melepaskan endorfin yang dapat membantu memperbaiki mood Anda.

Artinya mereka yang jarang bercinta lebih cenderung memiliki mood atau suasana hati yang kurang baik, dan menjadi lebih mudah stres.

5. Melemahnya kekebalan tubuh

Psikolog Carl Charnetski dan Francis Brennan Jr menemukan fakta bahwa orgasme sangat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh Anda.

Mereka melakukan penelitian dengan meminta pasien yang melakukan hubungan seks sekali atau dua kali dalam seminggu untuk diperiksa sampel air liurnya.

Sampel tersebut ternyata mengandung konsentrasi imunoglobin antibodi penghilang flu yang sangat tinggi. Tentunya ini dapat menghalau segala jenis penyakit.

6. Performa kerja yang menurun

Orang yang kurang bercinta bisa mengalami dua hal berbeda. Pertama, mereka jadi gampang bernafsu, misalnya melihat buah pepaya saja bisa horny. Kedua, justru jadi kehilangan minat bercinta sama sekali dan menjadi malas.

Studi dari Oregon State University menemukan bahwa pasangan dengan kehidupan seks aktif jauh lebih bersemangat dan bahagia di tempat kerja.

Keith Leavitt, profesor Oregon State University, mengatakan bahwa memiliki kehidupan seks yang sehat membantu karyawan tetap bahagia dalam pekerjaan mereka. "Ini jelas menguntungkan karyawan dan perusahaan tempat mereka bekerja," tambahnya. (komp/t)


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.