Header Ads



Halau Hama Burung, Serma Alfian Lakukan Hal ini di Binjai timur

LINTAS PUBLIK – LANGKAT, Pembina Desa (Babinsa) Koramil 17/Binjai Timur Serma Alfian Kodim 0203/Langkat melaksanakan pendampingan terhadap petani pada pelaksanaan penghalawan hama burung dan turun ke sawah mendampingi para petani mengendalikan hama burung pipit yang menyerang padi di lahan persawahan milik Iswan dari anggota kelompok tani kebun sari dengan luas lahan 15 rante jenis padi IR 64 yang terletak di Kelurahan Rambung Dalam Kecamatan Binjai Selatan Kabupaten Langkat, Senin (06/03/2017).


Pendampingan oleh Babinsa terhadap petani menerangkan, ketergantungan masyarakat terhadap konsumsi beras yang selalu tinggi, membuat petani berlomba-lomba untuk menghasilkan produksi panen terbaik. Salah satu upaya petani untuk meningkatkan produksi panen, salah satunya adalah mencegah atau menghalau hama burung yang sering memakan biji-biji padi sebelum di panen.

Serma Alfian membantu membuat alat untuk mengusir burung, serta menjelaskan hama burung pipit ini bisa dihalau dengan banyak cara selain dengan teriak dan peralatan sederhana seperti orang-orangan sawah. Sebenarnya banyak metode yang digunakan untuk mengusir hama burung ini.

“Dengan teriak dan membuat orang-orangan sawah, itu bisa. Namun akan lebih baik jika petani membuat alat sederhana yang bisa digerakkan dan alat itu yang mengeluarkan suara,”ujar Serma Alfian.


Penulis : franki/rel
Editor : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.